Lomba Karya Imilah Mahasiswa FKIP-UT 2014

Dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam penyusunan karya tulis dan menggali daya saing yang menitikberatkan pada terwujudnya sinergi dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap, FKIP-UT menyelenggarakan kegiatan lomba karya ilmiah mahasiswa.

Tujuan kegiatan tersebut adalah agar mahasiswa FKIP-UT memiliki kompetensi kepribadian dan profesi yang andal serta dapat berinovasi dalam kehidupan bermasyarakat dan mampu disampiakan melalui karya tulis yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Mereka yang terpilih sebagai pemenang Lomba ini akan diajukan sebagai nominasi calon mahasiswa berprestasi untuk diseleksi bersama dengan pemenang lomba serupa dari fakultas-fakultas yang ada di UT.

Tema lomba karya ilmiah tahun ini adalah sebagai berikut: 
“Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran di Sekolah”

Lomba ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang masih aktif dalam studi di Program S1 FKIP-UT dengan Ketentuan Umum dan Persyaratan Lomba terlampir. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang lomba, mahasiswa dapat menghubungi Ketua Program Studi masing-masing yaitu:

  1. Kaprodi Pendidikan Matematika : Mery N, S.Si, M.Pd. dengan alamat email meryn@ut.ac.id dan endangw@ut.ac.id
  2. Kaprodi Pendidikan Fisika : Dr. Doddy Sukmayadi dengan alamat email dodisy@ut.ac.id dan hera@ut.ac.id
  3. Kaprodi Pendidikan Biologi: Dra. Mestika S, M.Pd dengan alamat email tika@ut.ac.id
  4. Kaprodi Pendidikan Kimia: Afnidar, S.Pd., M.Sc. dengan alamat email afnidar@ut.ac.id
  5. Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris: Lidwina Sri Ardiasih, M.Ed., dengan alamat email lidwina@ut.ac.id dandminah@ut.ac.id
  6. Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Dra. Lis Setiawati, M.Pd. dengan alamat email lis@ut.ac.id
  7. Kaprodi Pendidikan Ekonomi : Drs. Suripto, M.Pd. dengan alamat email ripto@ut.ac.id
  8. Kaprodi PPKN : Drs. Sriyono, M.Hum. dengan alamat email sryn@ut.ac.id dan mikdar@ut.ac.id
  9. Kaprodi PGSD : Dra. Ngadi Marsinah, M.Pd. dengan alamat email ngadi@ut.ac.id dan suroyo1@gmail.com
  10. Kaprodi PGPAUD: Agus Tatang Sopandi, S.Sn., M.Pd., dengan alamat email atatang@ut.ac.id.

Karya tulis yang diikutseratakan dalam lomba, silakan dikirim ke Ketua Program Studi masing-masing dengan redaksi:

Yth. Ketua Program Studi (Pendidikan Matematika/Pendidikan Fisika/Pendidikan Biologi/Pendidikan Kimia/Pendidikan Bahasa Inggris/Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/PGSD/PGPAUD) FKIP-UT Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan 15418.

Pada bagian kanan amplop diberi keterangan “Lomba Karya Tulis Mahasiswa”. Karya tulis kami terima paling lambat pada tanggal 30 Juni 2014 cap pos.


 

Lampiran

PENJELASAN UMUM

A. Definisi
Karya Tulis Mahasiswa yang dilombakan merupakan tulisan ilmiah hasil dari penelitian/telaah pustaka yang berisi solusi kreatif dari permasalahan pembelajaran yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan.

B. Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah rnahasiswa aktif Program Studi S1 di FKIP-UT (terakhir registrasi pada 2013.2 dan 2014.1)
  2. Masa Registrasi 1 ≥ 2010.1.(masa registrasi pertama 2010.1 atau sesudahnya)
  3. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perseorangan
  4. Anggota peserta kelompok berasal dari program studi yang sama
  5. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi lain.

C. Proses Seleksi
Seleksi peserta dilaksanakan secara bertahap:

  1. desk evaluation
  2. wawancara bagi yang lolos desk evaluation.

D. Tema dan Topik
Materi tulisan mengacu pada tema yang sudah ada, sedangkan untuk lebih memunculkan ciri dari program studinya, mahasiswa boleh menyesuaikan pada tema program studi masing-masing sebagai berikut:

  1. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah (Program Studi Pendidikan Matematika)
  2. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah (Program Studi Pendidikan Fisika)
  3. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah (Program Studi Pendidikan Biologi)
  4. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Pembelajaran Kimia di Sekolah Menengah (Program Studi Pendidikan Kimia)
  5. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Menengah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
  6. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah (Pendidikan Bahasa Inggris)
  7. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Menengah (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
  8. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah (Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi)
  9. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Program Studi PGSD)
  10. Pengintegrasian Pendidikan Karekter dalam Kegiatan Pengembangan di Lembaga PAUD Guna Menanamkan Karakter Sejak Dini (Program Studi S1 PGPAUD)

E. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Kreatif dan Objektif
    1. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensolusikan suatu permasalahan pembelajaran di sekolah.
    2. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya.
    3. Bersifat asli (bukan karya jiplakan), bukan plagiasi.
    4. Logis dan Sistematis
      1. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
      2. Pada dasarnya karya ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, pembahasan kajian pustaka, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.
  2. Materi Karya Tulis
    Materi yang ditulis harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni peserta lomba/mahasiswa. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Materi karya ilmiah merupakan isu mutakhir atau aktual.

RAMBU-RAMBU PENULISAN KARYA TULIS

A. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut.

  1. Bagian Awal
    1. Halaman Judul
      1. Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
      2. Nama penulis dan nomor induk mahasiswa, ditulis dengan jelas
      3. Program studi
      4. UPBJJ
      5. Tahun penulisan
      6. Cover menggunakan kertas buffalo dengan warna:
        1. Biru untuk karya tulis Jurusan PMIPA (Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi)
        2. Merah untuk karya tulis Jurusan PBS (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris)
        3. Kuning untuk karya tulis Jurusan (PGSD dan PAUD)
        4. Hijau untuk karya tulis Jurusan PIPS (PPKn dan Pendidikan Ekonomi)
    2. Lembar Pengesahan
      1. Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, nomor induk mahasiswa (NIM), nomor HP, alamat email, dan alamat lengkap (yang mudah dihubungi).
      2. Lembar pengesahan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
      3. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
    3. Lembar Pernyataan keaslian karya ilmiah yang ditulis oleh yang bersangkutan (bermaterai Rp 6.000,00)
    4. Kata Pengantar dari penulis
    5. Daftar Isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
    6. Abstrak maksimal 200 kata.
  2. Bagian Inti
    Karya tulis ditulis berdasarkan hasil penelitian sehingga bagian inti karya tersebut meliputi hal-hal berikut.
    1. Pendahuluan
      Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
      1. perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk dikaji;
      2. tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
    2. Kajian Pustaka
      Kajian Pustaka berisi
      1. uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji,
      2. uraian mengenai hasil penelitian terdahulu/pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
    3. Metode Penelitian
      Metode Penelitian berisi
      1. subjek, tempat, waktu, pihak yang membantu (bila ada)
      2. prosedur penelitian, pengumpulan data, analisis data.
    4. Pembahasan
      1.  Pembahasan permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi (berupa deskripsi data).
      2. Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif (pembahasan).
    5. Simpulan dan saran
      1. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
      2. Saran merupakan rekomendasi untuk perbaikan di masa yang akan datang
  3. Bagian Akhir
    1. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
    2. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
    3. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

B. Persyaratan Penulisan

  1. Petunjuk teknis penulisan dan pengetikan karya tulis sebagai berikut.
    1. Penulisan Huruf: Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan kuran huruf "Times New Roman 12", kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.
    2. Tata Letak
      1. Batas pengetikan: margin atas dan kiri 4 cm; margin bawah dan kanan 3 cm;
      2. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
        1. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 1,5 spasi.
        2. Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.
        3. Judul Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar(huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
        4. Judul anak Sub-Bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 1 (satu) cm yang diberi garis
  2. Naskah, mulai dari Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran ditulis minimal 10 halaman dan maksimal 15 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.
  3. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.
  4. Khusus bagi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris.

PENILAIAN DAN PENGHARGAAN

Penilaian Karya Tulis Mahasiswa dilakukan oleh Tim Juri program studi yang berjumlah tiga orang. Kriteria penilaian Peserta akan didiskualifikasi apabila menyerahkan naskah melewati batas waktu yang telah ditetapkan oleh panitia.dan atau terbukti bukan hasil karya asli sendiri/kelompok. Pemenang akan memperoleh sertifikat dan hadiah uang.

Penilaian Karya Tulis Mahasiswa

 

No. Kriteria Penilaian Bobot
1

Format Makalah:

  • Tata tulis: ukuran kertas, tipografi, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman
  • PenggunaanBahasa Indonesia yang baik dan benar

10

  • (5)
  • (5)
2

Kreatifitas Gagasan:

  • Kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat
  • Keaslian gagasan
  • Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide

15

  • (5)
  • (5)
  • (5)
3

Topik yang dikemukakan:

  • Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis
  • Aktualitas topik dan fokus bahasan yang dipilih
5
4

Data dan sumber informasi:

  • Kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan
  • Keakuratan data dan informasi

10

  • (5)
  • (5)
5

Analisis, Sintesis, dan Simpulan

  • Kemampuan menganalisis dan mensintesis
  • Kemampuan menyimpulkan bahasan
  • Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan umuk dapat diadopsi

20

  • (10)
  • (5)
  • (5)
  TOTAL BOBOT 60

                   

 

Pedoman Wawancara:

  1. Penjelasan secara ringkas isi karya tulis!
  2. Pertanyaan materi yang ada dalam karya tulis!

Pengumuman pemenang lomba akan ditentukan kemudian melalui website http://www.ut.ac.id. Selamat Berkarya!

Tangerang Selatan, 5 Juni 2014,
a.n. Dekan FKIP-UT,
Pembantu Dekan III

ttd.
Teguh Prakoso, S.Pd., M.Hum.
NIP 19740312 200003 1 001