Kerja Sama TOU dan UT di Sela 25th ICDE World Conference, Tianjin, China

Kegiatan konferensi dunia seperti halnya “The 25th ICDE (International Council for Open and Distance Education) World Conference” tgl. 16-18 Oktober 2013 di Tianjin, Cina, bukan hanya ajang tampilan pemikiran keilmuan dan paparan perkembangan tentang Open dan Distance Learning (ODL), tetapi juga sebagai wahana pengembangan jejaring (networking) dan forum stimulasi inovasi dalam ODL. Konferensi yang dibuka oleh Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, Rektor Universitas Terbuka (UT) sebagai Presiden ICDE dengan tema “New Strategies for Global Open, Flexible and Distance Learning” itu berhasil menarik sekitar 700 peserta dari 40 negara. Hadir enam pembicara utama yang merupakan pakar bidang pendidikan terbuka jarak jauh (PTJJ) dari UNESCO, Common Wealth of Learning (COL), Massachusetts Institute of Technology (MIT), The Open University of China, serta The University of South Africa. Selain itu, terdapat sepuluh sesi paralel yang menyajikan paparan makalah dari para praktisi, akademisi, dan peneliti PTJJ.

Di sela-sela kesibukan konferensi ICDE, berlangsung tiga kegiatan yang menorehkan pencitraan positif UT dalam kancah global ODL. Pertama, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Presiden Tianjin Open University dan Rektor Universitas Terbuka. Hadir menyaksikan penandatanganan MoU, sejumlah tokoh Open and Distance Learning (ODL) dari berbagai negara serta pimpinan dan staf kedua institusi PTJJ tersebut.

Kedua, kegiatan pemberian gelar Honorary Professor Tianjin Open University (TOU), yang disampaikan Professor Feng Xuefei, President TOU, sebagai pengakuan terhadap ketokohan dan kepakaran Professor Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., Rektor UT, dalam bidang ODL beserta 5 (lima) tokoh ODL terkemuka dari berbagai negara.

Sebagai forum stimulasi inovasi, konferensi ini pun memberikan penghargaan bagi para penulis makalah terbaik dari ratusan makalah yang telah dinilai oleh Editorial Board of Open Praxis. Dua pemakalah dari UT berhasil memperoleh award tersebut. Dengan tulisan berjudul Open and Distance Education System: Do They Enhance Graduates Soft Skills (The results from Universitas Terbuka Tracer Studi), Dewi Juliah Ratnaningsih, S.Si., M.Si., berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, dalam kategori “ICDE Prizes for Innovation and Best Practice” dan “TOU Young Scholar Awards”. Sementara itu, Drs. M. Gorky Sembiring, M.Sc.memperoleh award dalam kategori “TOU Young Scholar Awards”.