Ranking Webometrics Universitas Terbuka Naik Peringkat di Tahun 2023

Universitas-universitas di seluruh dunia berlomba untuk meningkatkan kualitas layanan di berbagai bidang, mulai dari bidang pembelajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, hingga kualitas penyajian informasi dan layanan akademik melalui website universitas. Salah satu lembaga pemeringkatan universitas terkemuka yang digunakan dan diacu oleh 31.000 universitas dari lebih 200 negara di seluruh dunia adalah Webometrics.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan universitas di seluruh dunia yang menggunakan indikator gabungan sebagai berikut.

  1. VISIBILITY (atau IMPACT), yaitu pengaruh dari konten Web dengan bobot 50%.
  2. TRANSPARENCY (atau OPENNESS), yaitu para peneliti yang paling banyak disitasi dengan bobot 10%.
  3. EXCELLENCE, yaitu publikasi ilmiah yang paling banyak disitasi dengan bobot 40%.

Sistem pemeringkatan Webometrics diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang terafiliasi dengan Spanish National Research Council (CSIC) di Madrid, Spanyol. Pemeringkatan Webometrics diperbaharui pada bulan Januari dan Juli setiap tahun.

Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sekaligus pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi termasuk dalam hal penyajian informasi dan layanan akademik berbasis website yang dinilai oleh sistem pemeringkatan Webometrics dan masuk pada salah satu item penilaian Indeks Kinerja Utama (IKU) universitas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan segenap usaha dan kerja sama dari unsur pimpinan dan semua stakeholders, UT berhasil meningkatkan peringkat Webometrics perguruan tinggi di Indonesia dan dunia, dari peringkat 68 (tingkat Indonesia) dan 4.931 (tingkat dunia) berdasarkan rilis hasil pemeringkatan Webometrics bulan Januari 2023 ke peringkat 60 (tingkat Indonesia) dan 4.256 (tingkat dunia) berdasarkan rilis hasil pemeringkatan Webometrics bulan Juli 2023. Data lebih lengkap terkait hasil peningkatan peringkat Webometrics UT dapat dilihat pada Tabel 1, yang menunjukkan adanya peningkatan ranking UT dalam peringkat Webometrics skala global/dunia, beserta peningkatan dalam aspek dampak atau impact (web visibility), serta excellence.

Bulan dan Tahun

Peringkat Webometrics UT di Indonesia

Peringkat Webometrics UT di Dunia

Impact Rank

Opennes Rank

Excellence Rank

Januari 2023

68

4931

2617

2166

6819

Juli 2023

60

4256

1692

2344

6297

Tabel 1 Peningkatan Peringkat Webometrics UT dari bulan Januari dan  Juli 2023

Capaian positif ini tentunya menjadi motivasi bagi para pimpinan dan segenap stakeholders di lingkungan UT untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan layanan akademik berbasis website yang berujung pada peningkatan kepuasan mahasiswa dan stakeholders UT.