KSF UT ke-32 - ChatGPT: Penggunaan ChatGPT dan Dampaknya Terhadap Pendidikan

Dalam komitmennya untuk membuka akses pendidikan bagi seluruh orang, Universitas Terbuka (UT) telah melangkah lebih jauh dengan menggelar acara Knowledge Sharing Forum (KSF) UT tahun 2023. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis, 10 Agustus 2023, melalui platform Zoom dan YouTube ini memiliki misi mulia untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Sistem, Teknologi, dan Pengelolaan Program Pendidikan Jarak Jauh.

Tema yang diangkat pada KSF kali ini adalah "The Utilization of ChatGPT and Its Implications for Education" – sebuah topik yang semakin relevan dalam era pendidikan digital saat ini. ChatGPT, sebagai representasi terkini dari kecerdasan buatan, membuka peluang baru dalam pembelajaran personalisasi serta pengalaman kolaborasi yang lebih baik. Forum ini menjadi wadah bagi para praktisi, dosen, mahasiswa hingga masyarakat untuk menjelajahi potensi teknologi ini dalam dunia pendidikan.

Muhammad Ghifary dari GovTech Edu, Jack Brazel selaku Area Director of South East Asia, dari Turnitin, dan Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom dari Universitas Indonesia hadir membahas berbagai sudut pandang terkait penggunaan ChatGPT dan dampaknya pada pendidikan.

Dalam sambutannya, Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D.,  selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis mengungkapkan betapa besar implikasi ChatGPT dalam pendidikan. Teknologi ini membuka peluang baru dalam pembelajaran yang personal dan kolaboratif, menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik. Webinar ini diharapkan dapat menjadi wadah yang produktif untuk pertukaran pengetahuan bagi semua peserta.

Acara Knowledge Sharing Forum (KSF) kali ini dipandu oleh Antares Firman, S.E., M.Prof.Acc. dan berlangsung dalam suasana yang hangat dan penuh daya tarik. Paparan dari para narasumber menghadirkan perspektif yang beragam, menjadikan diskusi semakin menarik dan bermanfaat bagi semua peserta.

UT merupakan pelopor pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Transformasi menjadi universitas berbasis siber menjadi bagian dari upaya UT untuk memperluas akses pendidikan sebanyak mungkin bagi masyarakat. Langkah ini juga sejalan dengan usaha UT untuk meningkatkan tingkat partisipasi pendidikan tinggi dan memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan masyarakat.

Dengan semangat penuh, Knowledge Sharing Forum (KSF) UT 2023 berhasil menyatukan berbagai ide dan gagasan inovatif. Forum ini bukan hanya sekadar acara, tetapi juga langkah maju dalam memajukan pendidikan di era modern yang semakin teknologis. Dengan semangat ini, Universitas Terbuka terus menjunjung tinggi misinya untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi semua, tanpa terkecuali.