UT Lantik Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Bersama 14 Pejabat Lainnya

Universitas Terbuka (UT) kembali melangkah maju dalam upayanya menyempurnakan organisasi. Sebagai PTN-BH, UT wajib memiliki kesigapan dalam bergerak dinamis menuju perubahan sejalan dengan perkembangan jaman. Untuk itu, UT wajib memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Dengan kualitas SDM yang baik, UT bertujuan terus menjaga kualitas layanan, proses, sistem, dan produknya. Dalam rangka memenuhi hal tersebut, UT kembali melantik pejabat di lingkungan UT Pusat maupun UT Daerah.

Upacara pelantikan diselenggarakan pada Senin, 31 Juli 2023 secara hybrid, yaitu secara luring di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), dan secara daring melalui Zoom Meeting. Upacara ini turut dihadiri oleh Rektor yang melantik para pejabat, Ketua Senat, Para Wakil Rektor, Para Dekan dan Ketua Lembaga, Sekretaris Majelis Wali Amanat, serta para rohaniwan. Pada upacara ini, UT mengangkat 15 orang sebagai pejabat baik di lingkungan UT Pusat maupun UT Daerah. Salah satu pejabat Eselon I yang dilantik yaitu Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 2631/MPK/UN31/HK.02/2023 Tanggal 5 Mei 2023; Nomor 4470/MPK/UN31/HK.02/2023 Tanggal 12 Juli 2023; dan Nomor 4760 DAN 4761/MPK/UN31/HK.02/2023 Tanggal 28 Juli 2023, Mendikbudristek menetapkan bahwa terhitung mulai tanggal 31 Juli 2023, MEMBERHENTIKAN DENGAN HORMAT nama-nama dan jabatan berikut:

  1. Ir. Adi Winata, M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan.
  2. Dra. Any Meilani, M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).
  3. Sri Sumiyati, M.Pd. sebagai Kajur PIPS dan Mengelola Prodi Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Kegutuan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP).
  4. Herwati Dwi Utami, M.Hum. sebagai Kaprodi Kearsipan D-IV pada FHISIP.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Terbuka Nomor 4745 S.D. 4749/UN31/HK.02/2023 dan Nomor 4754, 4756 S.D. 4759/UN31/HK.02/2023 Tanggal 28 Juli 2023, Rektor Universitas Terbuka menetapkan bahwa terhitung mulai tanggal 31 Juli 2023, MEMBERHENTIKAN DENGAN HORMAT nama-nama dan jabatan berikut:

  1. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si. sebagai Direktur SPs.
  2. Dr. Adi Suryanto, sebagai Direktur UT Purwokerto.
  3. Raden Sudarwo, M.Pd., sebagai Direktur UT Mataram.
  4. Dr. Trini Prastati, sebagai Kapus PKM pada LPPM.
  5. Yeni Widiastuti, M.Si., sebagai Kaprodi Akuntansi pada FEB.
  6. Andy Mulyana, M.M. sebagai Kaprodi Pariwisata pada FEB.
  7. Dr. Prasetyarti Utami, sebagai Manajer Penjaminan Mutu Akademik pada Kantor Penjaminan Mutu.
  8. Sri Weningsih, M.Si., sebagai Manajer Perencanaan dan Ujian pada UT Purwokerto.
  9. Putu Sunika, A.Md., sebagai Manajer Perencanaan dan Penempatan SDM pada PSDM.
  10. Dimas Agung Prasetyo, M.Sc. sebagai Kepala Subdirektorat Pengamanan dan Audit Sistem Informasi pada Direktorat Sistem Informasi.
  11. Dina Arianti, S.Pd. sebagai Koordinator Registrasi, Pembelajaran, dan Ujian pada UT Luar Negeri.
  12. Agung Wicaksono, S.Kom. sebagai Asisten Manajer TU pada PRI-PTJJ LPPM.

Terakhir, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Terbuka Nomor 4745 S.D. 4759/UN31/HK.02/2023 Tanggal 28 Juli 2023, bahwa terhitung mulai tanggal 31 Juli 2023, Rektor Universitas Terbuka MENETAPKAN untuk kepentingan dinas memberi Tugas Tambahan/Jabatan kepada:

  1. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si. sebagai Warek Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan.
  2. Dimas Agung Prasetyo, M.Sc. sebagai Direktur Sistem Informasi.
  3. Heriyanto, M.M. sebagai Direktur UT Mataram.
  4. Dr. Prasetyarti Utami sebagai Direktur UT Purwokerto.
  5. Yeni Widiastuti, M.Si. sebagai Wadek Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum pada FEB.
  6. Teguh Prakoso, M.Hum. sebagai Kapus PKM pada LPPM.
  7. Andy Mulyana, M.M., sebagai Kaprodi Pariwisata pada FEB.
  8. Siti Hadijah Hasanah, M.Si. sebagai Kaprodi Statistika pada FST.
  9. Tirmi Koara, S.Kom. sebagai Manajer Perencanaan dan Penempatan SDM pada PSDM.
  10. Agung Wicaksono, S.Kom. sebagai Kepala Subdirektorat Pengamanan dan Audit Sistem Informasi pada DSI.
  11. Suhartono, M.Si. sebagai Manajer Pembelajaran dan Ujian pada UT Purwokerto.
  12. Dhimas Setyo Nugroho, M.M. sebagai Manajer Marketing dan Registrasi pada UT Yogyakarta.
  13. Dr. Einstivina Nuryandani, sebagai Manajer Pembelajaran dan Ujian pada UT Pontianak.
  14. Dina Arianti, S.Pd. sebagai Koordinator Registrasi, Pembelajaran, dan Ujian pada UT LLN.
  15. Ono Sugiyono, S.E. sebagai Kasubbag TU pada UT Bogor.

Pada acara pelantikan pejabat ini, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan pesan-pesannya. Beliau mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat baru yang dilantik. “Semoga dengan amanah yang diberikan, tongkat estafet kepemimpinan yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya bisa diteruskan dengan baik,” pesan Pak Rektor. Menurutnya, UT tengah dihadapkan pada tantangan besar pada situasi yang baru, selain itu terdapat pula target Key Performance Indicator (KPI) yang harus dicapai. Namun Beliau percaya apabila UT bekerja sesuai dengan kaidah yang ada, serta target-target tersebut dikoordinasikan secara profesional ke unit yang sesuai dengan tupoksi masing-masing, maka UT dapat meraih hasil maksimal. Beliau pun mendoakan agar para pejabat yang dilantik dapat berdedikasi dan berkomitmen tinggi, serta berjuang sekuat tenaga demi UT dan demi Tanah Air.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Ojat juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pejabat lama yang telah memberikan tongkat estafetnya ke pejabat baru. “Saya mewakili keluarga besar UT menyampaikan terima kasih atas pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran Bapak/Ibu untuk UT sehingga mengantarkan UT sampai pada saat ini, mudah-mudahan dicatat sebagai amal baik Bapak/Ibu sekalian,” ujar Prof. Ojat.

Selain itu, Prof. Ojat pun menyampaikan ucapan terima kasihnya secara khusus kepada Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan periode sebelumnya, Ir. Adi Winata, M.Si. yang telah berjasa dalam mengemban tugasnya. Ucapan selamat pun disampaikan khusus kepada Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., sebagai Wakil Rektor selanjutnya menggantikan Ir. Adi Winata, M.Si.

Sebagai penutup, Rektor menghimbau seluruh pejabat dan seluruh warga UT agar senantiasa bersinergi secara harmonis demi kemajuan dam kejayaan UT dalam menawarkan Pendidikan jarak jauh demi peningkatan kompetensi dan kapasitas SDM Indonesia.