UT dan PT. Pos Indonesia (Persero): Perluasan Layanan Jasa dan Potensi Tranformasi Digital

Sudah menjadi sebuah tradisi Universitas Terbuka (UT) untuk melaksanakan Seminar Wisuda sehari sebelum kegiatan wisuda dilaksanakan. Pada Senin, 10 Juli 2023, UT kembali menggelar Seminar Wisuda Periode II Tahun Akademik 2022/2023 “Bangkit Bergerak Bersama UT PTNBH”.

Pada kesempatan acara seminar wisuda ini turut dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Terbuka dan PT. Pos Indonesia (Persero) oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Direktur Utama PT. Pos Indonesia (PERSERO), Bapak Faizal R. Djoemadi. Maksud dari Nota Kesepahaman ini adalah pemanfaatan layanan jasa dan potensi dari masing-masing pihak untuk menciptakan sinergi yang saling menguntungkan dan tujuannya adalah sebagai dasar untuk membangun dan merumuskan kerja sama sesuai dengan kapasitas dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak.

Kerja sama antara UT dan PT. Pos Indonesia telah berjalan lebih dari 38 tahun mengingat Pos Indonesia yang telah membantu melayani mahasiswa UT sejak awal berdiri. Selain itu, Universitas Terbuka bukanlah institusi yang asing lagi bagi Bapak Faizal R. Djoemadi. Beliau menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Ibu beliau merupakan mahasiswa dan lulusan pertama UT tahun 1984.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan perluasan dan kualitas layanan pengiriman bahan ajar bagi mahasiswa UT. Sinergi antara kedua belah pihak diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan pendidikan terutama di Universitas Terbuka, termasuk pada transformasi digital solution dan layanan pembayaran.

Acara penandatanganan MoU ini merupakan tonggak penting dalam hubungan kerja sama antara UT dan PT. Pos Indonesia yang lebih luas. Kedua belah pihak berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan mereka dan melahirkan inovasi yang bermanfaat dalam layanan jasa dan pendidikan.