UT dan BRI Pererat Kerja Sama dengan Layanan Perbankan Terkini

Kerja sama antara Universitas Terbuka (UT) dan PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. (BRI) telah terjalin sejak lama. UT dan BRI adalah dua institusi yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu melayani masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk menjangkau pelosok negeri hingga daerah terpencil. UT dan BRI sama-sama menjangkau yang tidak terjangkau.

MoU UT dan BRI 2023

di Akhir Juli pada tanggal 31 tahun 2023, dilakukan penandatanganan kerja sama untuk semakin mempererat kerjasama yang selama ini telah terjalin. Acara penandatanganan dilaksanakan di Wisma 2 lantai dasar UT Pusat di Pondok Cabe. Acara penandatanganan Nota Kesepahaman perihal Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan dilakukan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Direktur Wholesale dan Kelembagaan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Bapak Agus Noorsanto. Selain itu, diadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) perihal Implementasi Layanan Virtual Account dan Cash Card  di lingkungan UT yang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, M.Si., dan Division Head Institutional Business Division, Bapak Muhammad Candra Utama.

Pererat Kerja Sama, UT dan BRI Perkuat dengan Layanan Perbankan Terkini

Pada penandatanganan Nota Kesepahaman, kedua belah pihak menyepakati kerja sama layanan jasa perbankan guna memenuhi kebutuhan operasional UT. Sedangkan dalam penandatanganan PKS, UT sepakat menjalin kerja sama dalam pemanfaatan fasilitas Cash Card atau Virtual Account guna memenuhi kebutuhan operasional dan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi seluruh stakeholders UT dalam melakukan transaksi.

Prof. Ojat dalam kesempatan pertemuannya dengan para wartawan menyampaikan bahwa penandatanganan yang baru saja dilakukan adalah untuk memperkokoh kerja sama yang ada dengan layanan Cash Card dan Virtual Account untuk mahasiswa dan pegawai UT. Dikarenakan kesamaan dengan UT dalam tersebarnya jaringan operasional di seluruh Indonesia serta dapat menjangkau hingga daerah 3T, maka beberapa program layanan perbankan UT banyak melibatkan BRI.

Bapak Agus Noorsanto mengiyakan bahwa BRI dan UT telah bekerja sama sejak lama, bahkan saat beliau baru bergabung di BRI tahun 1989. UT telah bekerja sama dalam hal pelayanan perbankan pada mahasiswa. Beliau pun mengagumi perkembangan UT yang sangat pesat dan memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia bahkan di saat pandemi. Beliau mengapresiasi atas kepercayaan UT kepada BRI untuk selalu memberikan jasa perbankannya.

Dengan penandatanganan ini, diharapkan semakin mempererat jalinan kerja sama antara UT dan BRI. Semoga kedua belah pihak makin turut memberikan kebermanfaatan yang lebih luas ke seluruh masyarakat Indonesia untuk pengembangan kompetensi SDM melalui pendidikan tinggi secara masif ke depannya.