Selebriti Rey Mbayang Sukses Wisuda di UT

Momen spesial dari kegiatan Wisuda Universitas Terbuka (UT) Periode II Tahun Akadenik 2022/2023 Wilayah 2 pada Selasa, 25 Juli 2023 yaitu terdapat wisudawan dari selebriti tanah air -  Reynaldi Mbayang atau yang biasa dikenal dengan Rey Mbayang lulus S1 Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UT. Banyak hal yang dapat dipetik dari kelulusan Rey Mbayang, suami Dinda Hauw ini yaitu antara lain dapat menginspirasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat atas keberadaan UT. Di antara kesibukannya shooting film dan  sebagai penyanyi namun masih menyempatkan studi lanjut mengembangkan kompetensi diri dengan kuliah di UT Jakarta dan mendapat prestasi akademik yang cukup memuaskan, IPK 3.14. 

Rey Mbayang Dinda Hauw Wisuda UT 2023

Dukungan dari sang istri Dinda Hauw serta orang tua menjadi sumber kekuatan yang sangat memotivasi Rey untuk meraih masa depannya. Namun dorongan kuat untuk kuliah datang juga dari manajernya yang merupakan kakak kandung dari Rey Mbayang, Oktaviany Mbayang atau dikenal dengan Ninie Mbayang yang lulus bersamaan dengan adiknya. Ninie panggilan akrabnya, lulus sarjana di waktu yang sama namun mengambil jurusan yang berbeda dengan adiknya. Ia memilih Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP). Prestasi akademik dari mahasiswa UT Manado  ini cukup bagus, dengan IPK 3.39. Rey mengaku karena ketatnya kakak tersayang mengingatkan untuk disiplin waktu dan juga selalu meluangkan waktu untuk belajar di sela-sela shooting membuat Rey dapat lulus saat ini. Kuliah di UT sulit, namun akan menjadi mudah jika bisa me-manage waktu belajar. Rey Mbayang yang hadir dalam sesi jumpa media saat itu mengaku bahagia bisa lulus sarjana UT. Dia merasa penting untuk menimba ilmu bidang manajemen, supaya pengelolaan pekerjaannya lebih baik lagi. “Saya sengaja ambil manajemen dengan harapan saya punya ilmu untuk berbuat lebih baik di bidang saya,” ujar aktor sekaligus penyanyi tersebut.

Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis - Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. dalam kesempatan yang sama menyatakan,  “Hanya di UT yang bisa begini, lulus wisuda bisa bersama-sama dengan keluarga,” ucap Pak Rahmat. Beliau saat bertemu media memberikan kata-kata motivasi bahwa UT selalu memberi solusi buat siapa saja yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana. Contohnya seperti Rey ini. “UT bukannya tidak ada Drop Out, tapi UT memberikan fleksibilitas seluas-luasnya kepada semua untuk dapat kuliah dan meraih masa depannya menjadi sarjana,” tegas Rahmat.

 Rey Mbayang Nini dan kel  Wisuda UT 2023

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D. pada kesempatan konferensi pers tersebut menyampaikan saat ini UT semakin diminati oleh Generasi Milenial. "Saat ini UT banyak diminati kalangan usia di bawah 24 tahun, atau masa-masa kuliah. Hal ini akan berdampak pada peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi. Proporsi anak muda yang kuliah di UT sekarang lebih tinggi, sekitar 70%,” ujar Pak Rektor. “Di UT ini sebagian besar mahasiswanya memang bekerja, baik itu di sektor formal maupun informal. Artinya, generasi muda masa kini sudah sangat paham kebutuhan menimba ilmu itu sama penting dengan mencari nafkah. Dan UT menjawab kebutuhan itu,” papar Prof. Ojat.

Rektor pun menyampaikan UT makin diminati para generasi milenial terutama sejak adanya Pandemi Covid-19. Untuk itu sejumlah strategi yang dapat diterapkan guna menjaring segmen terbesar generasi muda tersebut, antara lain dengan menggandeng para influencer muda atau dengan pendekatan ke sekolah dan guru.