FKIP UT Maraton Bekerja Sama dengan FP UMB dan FPP UMS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) 2 (dua) hari berturut-turut menjalin kerja sama dalam dan luar negeri. Pada tanggal 10 Juli 2023, bertempat di Gedung Rektorat Universitas Mercu Buana (UMB), FKIP UT menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Psikologi (FP) UMB dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya untuk Program Studi PG PAUD UT.


Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMB, Dr. Ariani Kusumo Wardhani, M.Ds., CS., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “UMB sangat mendukung PKS antara FP UMB dan FKIP UT khususnya berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan program MBKM yang bisa membawa dampak positif bagi dosen dan mahasiswa.”

Dekan FKIP UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. menyambut antusias jalinan kerja sama yang dibangun dengan FP UMB. “Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi kedua institusi dan harus bermuara pada implementasi PKS bukan hanya sekedar berupa dokumen perjanjian kerja sama.”

Diawali dengan kunjungan ke Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia (P2BAM) UT), pada tanggal 11 Juli 2023, bertempat di Wisma 2 UT, FKIP UT menandatangani Letter of Intent (LoI) di bidang Tri Dhama Perguruan Tinggi dengan Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) Universiti Malaysia Sabah (UMS) yang merupakan wujud dari upaya peningkatan kualitas akademik dan internasionalisasi fakultas dan program studi.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis UT, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Penandatanganan LoI ini sangat positif dalam upaya internasionalisasi program studi, fakultas, dan universitas yang merupakan salah satu komponen penilaian UT oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) setelah UT berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).”

Timbalan Dekan Akademik dan Antarbangsa FP UMS menyampaikan bahwa, “Kami merasa terhormat disambut secara hangat oleh tuan rumah dan berharap dapat meningkatkan jalinan kerja sama ini ke tingkat yang lebih tinggi. Kami juga terpukau dengan kapasitas UT khususnya dalam hal pengembangan bahan ajar multimedia dan berharap dapat belajar banyak ke UT.”

Kegiatan penandatanganan LoI ini diharapkan mampu merangsang semua program studi yang ada di UT untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas akademik dengan perguruan tinggi luar negeri yang berkualitas. Kegiatan ini ditutup dengan pertukaran cinderamata dan diskusi antar kedua belah pihak.