Semakin Kokoh di Kancah Internasional , UT Gaet PPI Dunia

Dalam komitmennya untuk membuka akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat termasuk yang di luar negeri, Universitas Terbuka (UT) kembali mengambil langkah penting dengan mengadakan audiensi bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia). Acara ini diadakan pada Senin, 26 Juni 2023, di Aula Gedung Serbaguna Universitas Terbuka.

Audiensi tersebut dihadiri oleh para pimpinan UT dengan para pengurus PPI Dunia, Alumni Connect, dan Dosen UT ex-PPI. Dalam kesempatan tersebut Ir. Adi Winata, M.Si., Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT, dalam sambutannya yang mewakili Bapak Rektor menyampaikan rasa penuh terima kasih atas kehadiran rombongan PPI Dunia yang bermaksud menjalin kerja sama lanjut dengan UT. Beliau mengungkapkan, "UT saat ini tersebar di lebih dari 50 negara. Semoga dengan adanya rancangan kerja sama ini, dapat memperbesar jejaring Universitas Terbuka. Kerja sama yang diharapkan ini akan membuka peluang baru bagi UT dalam memperluas jaringan internasionalnya.”

Selain itu, Hamzah Assuudy Lubis, Wakil Koordinator PPI Dunia, juga memberikan sambutannya. Beliau sangat mengapresiasi kemudahan akses sistem pendidikan UT yang memberikan kesempatan bagi seluruh insan yang ingin meningkatkan ilmu. PPI Dunia sendiri tercatat memiliki lebih dari 120.000 mahasiswa yang tersebar di 65 negara di seluruh dunia. Dalam sambutannya, Hamzah Assuudy Lubis mengungkapkan kekagumannya terhadap potensi mahasiswa UT di luar negeri.

Dr. Pardamean Daulay, S.Sos., M.Si., Direktur Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri, juga menyatakan pandangannya yang sejalan. Beliau menyampaikan, "Mahasiswa UT tersebar di 55 negara dengan total 3.391 orang, termasuk mereka yang berada di negara-negara PMI (Pekerja Migran Indonesia)." Hal ini menunjukkan bahwa UT mampu memberikan layanan pendidikan yang luas dan merata kepada masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia.

Sebelum acara audiensi dimulai, rombongan PPI Dunia pun telah mengunjungi kantor Pusat Pengembangan Bahan Ajar Multimedia (PPBAM) untuk melihat proses kerja pengembangan bahan ajar pendukung bahan ajar cetak UT dalam bentuk media digital/ non cetak (misal program UT Radio, program UT TV) yang akan berguna bagi mahasiswa yang mempunyai masalah budaya membaca, atau masalah jarak dan waktu.

Melalui audiensi ini, diharapkan ke depannya kerja sama antara UT dan PPI Dunia semakin kuat dan sinergis. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan akses yang lebih luas bagi seluruh masyarakat, UT berkomitmen untuk terus menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai organisasi dan perhimpunan, termasuk PPI Dunia. Dengan demikian, lebih banyak peluang dan manfaat dapat diperoleh oleh mahasiswa UT di luar negeri, serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bangsa.