Kunjungan Berbagai Universitas dari China ke UT: Fokus Pengembangan Kerja Sama

Suasana kolaboratif dan penuh inspirasi telah terbangun di antara para peserta simposium internasional bertajuk "Digital Transformation Leading the Change in Higher Education" yang telah dilaksanakan pada Selasa, 20 Juni 2023 oleh Universitas Terbuka (UT) dan Indonesia Cyber Education Institute (ICE Institute). Simposium dengan topik  pentingnya transformasi digital dalam dunia pendidikan tinggi tersebut terselenggara atas kolaborasi UT, ICE Institute, Tsinghua University, dan XuetangX dari China tersebut menjadi momen sangat strategis dan penuh makna. Apalagi dengan adanya dukungan penuh dari World Bank, UNESCO-ICHEI, Global MOOC and Online Education Alliance, dan ThaiMOOC sebagai co-organizer acara. 

                          

Jalinan kolaboratif menjadi lebih terbangun dengan dilaksanakannya berbagai agenda pada hari kedua, Rabu, 21 Juni 2023, berupa rangkaian acara tur dan diskusi kolaborasi. Pada pagi harinya, UT dan ICE-Institute menyelenggarakan acara tur ke Kantor Pusat UT di Pondok Cabe bagi para delegasi dari China. Mereka berkesempatan untuk melihat fasilitas-fasilitas yang tersedia di kantor Pusat Pengembangan Bajan Ajar  Multimedia (PPBAM)  dan Direktorat Sistem Informasi. Selanjutnya mereka juga berkesempatan belanja barang-barang suvenir UT di Karunika Mart, minimarket koperasi pegawai UT.   

               

Suasana kolaboratif pun terbangun dengan dilaksanakannya sesi diskusi kolaborasi dengan para delegasi dari berbagai universitas di China. Yaitu antara lain delegasi perwakilan dari Chengdu University of Traditional Chinese Medicine, Shanxi University of Chinese Medicine, Shanxi Acupuncture Hospital, Shantou University, China Academy of Art, Ningbo City College of Vocational Technology, International School of Cultural Tourism Hangzhou City University, MOE Research Center for Online Education, XuetangX, UNESCO ICHEI, dan Tsinghua University.

Sesi diskusi kolaborasi antara jajaran pimpinan UT, ICE Institute, dan para delegasi dari berbagai universitas di China makin menarik dan penuh inspiratif dengan berfokus pada kemungkinan kerja sama dalam pengembangan pendidikan di semua institusi yang hadir. Acara tersebut ditutup dengan makan siang yang meriah, dimana suasana kebersamaan tercipta di antara semua peserta.

Dalam setiap langkahnya, UT dan ICE-Institute berkomitmen untuk membuka akses pendidikan bagi seluruh orang. Melalui kolaborasi dengan institusi-institusi pendidikan di China, mereka berharap dapat mengembangkan pendidikan yang lebih baik dan meraih hasil yang lebih optimal.

Simposium internasional dan acara tur serta diskusi kolaborasi ini menjadi langkah penting dalam menghadirkan transformasi digital di bidang pendidikan tinggi. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, UT dan ICE-Institute berusaha untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih inklusif, responsif, dan berkualitas bagi semua orang.