Dukung UT Green University, BTN Hadiri Acara Fun Day Jogging Bersama

Universitas Terbuka (UT) terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan kualitas layanannya kepada mahasiswa melalui skema kemitraan. Salah satu mitra UT yang turut memfasilitasi penyediaan layanan perbankan dalam proses administrasi pembayaran uang kuliah mahasiswa adalah Bank Tabungan Negara (BTN), di samping bank-bank mitra lainnya. Dalam rangka memperkokoh kerja sama dan kemitraan dengan Bank BTN, pada Sabtu, tanggal 24 Juni 2023 UT di area belakang Kantor UT Pusat telah diadakan kegiatan Fun Day, olah raga jogging bersama antara jajaran pimpinan BTN dan UT di area jogging-track yang mengitari danau yang indah nan asri.

Kawasan danau UT memang telah dikenal dengan kawasan hijau dimana banyak pepohonan rindang sehingga pemandangannya sangat asri, teduh, sejuk, bersih, indah berseri. Sebagaimana diketahui UT berkeinginan kuat untuk ikut andil dalam pengurangan pemanasan global dengan cara mengembangkan program Universitas Terbuka, Green University (UTGU). Salah satunya yaitu dengan penataan kantor pusat UT yang menyediakan taman-taman di sekitar gedung-gedung, wilayah pedestrian, serta pada ruang terbuka biru dan hijau.

Universitas Terbuka (UT) mempunyai kepedulian yang kuat terhadap upaya perlindungan dan keberlanjutan lingkungan menuju Green University. Diawali gerakan UT Go Green yang sudah dicanangkan sejak tahun 2010, sivitas akademika UT diajak memiliki perilaku untuk peduli lingkungan, mencintai serta menjaga bumi agar tetap lestari. Berbagai kegiatan dalam gerakan UT Go Green diantaranya pengurangan penggunaan kertas (paperless), penanaman pohon langka di sekitar kampus, pembuatan danau buatan, pengembangan eco-building, dan pengelolaan sampah.

Setelah dilakukan jogging bersama, selanjutnya para pimpinan dan jajaran dari BTN dan UT beramah tamah di Gazebo, sebuah bangunan ramah lingkungan di tengah danau UT, sambil menikmati hidangan tradisional dan camilan sehat diiringi band Green Café UT. Pada kesempatan tersebut, jajaran dari Bank BTN yang hadir yaitu Bapak Nixon LP Napitupulu (Direktur Utama), Bapak  Jasmin (Direktur Distribution and Funding), Bapak Hakim Putratama (Direktur Institutional Banking), Bapak Erwinta Siswadi (Division Head of Institutional), Ibu Iriska Dewayani (Region Office 3 Head) beserta jajarannya. Sedangkan jajaran dari UT antara lain Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. (Rektor), Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. (Wakil Rektor Bidang Akademik), Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. (Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum), Ir. Adi Winata, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan), Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr. Subekti Nurmawati M.Si. (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi), Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) berserta jajaran pimpinan lainnya.

Acara pun berlanjut dengan sesi penyerahan kendaraan non bahan bakar minyak (BBM) sebagai simbol dukungan BTN untuk UT dalam menerapkan green environment melalui efisiensi energi dan emisi karbon dengan penggunaan energi terbarukan. Kesadaran mengenai pentingnya mencari sumber alternatif BBM yang selama ini menjadi salah satu sumber polusi bagi masyarakat terus berkembang. Salah satu masalah yang berupaya dipecahkan bersama oleh masyarakat global adalah upaya menurunkan efek gas rumah kaca akibat tebaran gas CO2 ke udara yang mencemari lingkungan.

Terkait penggunaan energi terbarukan ini, Pak Dirut BTN pun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia kaya energi yang bersumber dari alam seperti tenaga matahari sehingga ke depannya BTN akan mendukung UT dalam hal pengimplementasian Green University. “Ke depannya BTN akan support UT untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya skala kecil sebagai panel atau instalasi listrik di lingkungan kantor UT Pusat termasuk di area danau UT dan taman kuliner. Ini untuk pemanfaatan sumber daya alam yang lebih efisien dan berdaya guna,” ujar bapak Nixon.

Adapun terkait dengan upaya meningkatkan layanan transaksi perbankan untuk administrasi pembayaran mahasiswa, Pak Nixon menjelaskan bahwa ke depannya BTN akan lebih mendukung dan melayani UT dengan memperbanyak layanan berbasis otomatisasi sistem pembayaran. “Kami akan berikan digital serving mahasiswa secara online on boarding, sehingga mahasiswa UT di berbagai negara dan berbagai pelosok wilayah pun dapat terfasilitasi melalui layanan mobile super apps,” tegas Pak Nixon.

                        

Hal senada disampaikan oleh Pak Rektor yang menjelaskan bahwa serah terima mobil ramah lingkungan merupakan simbol dan semangat UT menuju Green University dimana lingkungan kantor pusat UT telah green dengan penerapan konsep eco building dan eco-environment. Pak Rektor pun menyambut baik komitmen BTN untuk terus bekerja sama dan mendukung UT sehingga ke depan kemitraan yang terjalin menjadi lebih kokoh. “Kami mengharapkan ada area-area kerja sama baru. Antara lain BTN dapat men-support untuk meningkatkan fasilitasi layanan transaksional selain untuk pembayaran uang kuliah tunggal, misal untuk transaksi pembayaran bahan ajar, transaksi untuk pembayaran pengadaan barang dan jasa, serta layanan-layanan lain yang bersifat real time, “ujar Prof. Ojat.

Pak Rektor mengucapkan rasa terima kasihnya karena selama ini BTN telah mendukung UT dalam upaya menjangkau wilayah 3T dimana tahun lalu BTN telah memfasilitasi 6 mobil registrasi keliling dengan kelengkapan GPS terakses satelit, mesin EDC, yang mempermudah pelayanan registrasi mata kuliah sampai cetak kartu tanda mahasiswa (KTM) diperuntukkan pada 6 daerah yang telah disepakati. Pak Rektor berharap ke depannya BTN akan menambahkan armada mobil registrasi keliling tersebut di kota-kota lainnya sehingga dapat memperluas jangkauan layanan administrasi mahasiswa UT di berbagai pelosok wilayah Indonesia dalam hal pembayaran dengan mobile banking dan QRIS.

Acara ramah tamah antara BTN dan UT pada akhir minggu kemarin pun telah berjalan dengan baik dan momen ini akan lebih memperkokoh jalinan kerja sama yang ada. BTN bersama UT berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada mahasiswa UT yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan luar negeri.