Audiensi Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra ke UT

Universitas Terbuka (UT) terus meningkatkan kualitasnya dengan cara memperluas hubungan kerja sama dengan berbagai pihak. Pada Rabu (21/06/2023), UT mendapatkan kunjungan dari Pusat Pembinaan Bahasa Dan Sastra - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Wisma III UT. Hadir pada acara ini yaitu Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Dr. M. Abdul Khak, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Akademik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UT, Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc.Ed., beserta jajaran pimpinan dari kedua belah institusi.

Dalam sambutannya Dr. Dodi Sukmayadi menyampaikan bahwa kunjungan dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra sangat berarti bagi UT. Terutama dalam penulisan karya tulis perlu adanya kemampuan berbahasa yang baik.  Beliau berharap dari kunjungan ini, ke depannya ada kerja sama dari kedua belah pihak.

Dr. M. Abdul Khak dalam paparannya menyebutkan bahwa setiap individu memiliki kemahiran Bahasa yang berbeda-beda. Untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa tersebut, perlu adanya Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI). Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra telah mengembangkan UKBI yang awalnya menggunakan ujian kertas, sekarang sudah dapat diakses secara digital sehingga memudahkan akses ujian. UKBI merupakan tes standar untuk mengetahui kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing. Abdul Khak menjelaskan kemanfaatan UKBI dapat dilakukan dalam seleksi penerimaan pegawai profesi tertentu ataupun tes pendamping kelulusan jenjang sarjana dan pasacasarjana pada program studi terkait. Kemanfaatan UKBI juga bagi peneliti yang dituntut untuk menyelesaikan tugasnya dalam bahasa Indonesia secara tulis. Ke depan diharapkan pemanfaatan UKBI sebagai bentuk uji literasi oleh civitas akademik UT menjadi lebih meningkat. Hal ini sebagai wujud salah satu upaya Kemendikbudristek untuk menciptakan ekosistem masyarakat Indonesia yang berbudaya literasi terutama baca-tulis.

Pada akhir acara, sebagai bentuk upaya mengawali kerja sama maka dalam kesempatan audiensi tersebut dilakukan penandatanganan Letter of Intens (LOI) antara UT dan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra yang dalam hal ini ditandatangani oleh Dra. Ace Sriati Rachman, M.Si. - Staf Ahli Bidang Pemasaran, Kerja Sama, dan Kehumasan dari UT dan Elvi Suzanti -Subkoordinator Layanan Uji dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.