Siap Ciptakan Mahasiswa Ilmu Hukum Berkualitas, UT Jajaki Kerja Sama dengan Hukumonline.com

Universitas Terbuka (UT) yang berkomitmen dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas tinggi kembali melakukan upaya untuk memenuhi tujuan mulianya tersebut. UT menjajaki kemungkinan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengakomodir cita-cita UT tersebut. Kali ini, UT menyelenggarakan pertemuan dengan Hukumonline.com untuk membahas potensi kerja sama antara keduanya. Hukumonline.com merupakan sebuah platform situs yang bergerak di bidang hukum, dan merupakan salah satu situs hukum terbesar di Indonesia.

Acara ini dilaksanakan secara luring pada Rabu 3 Mei 2023 bertempat di Ruang Sidang Lantai Dasar Wisma 2 UT, Pondok Cabe. UT pun diwakili oleh Dekan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT, Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D., beserta jajaran pimpinan FHISIP UT dan Biro Keuangan Umum dan Keuangan. Selain itu, turut hadir Business Partnership Leader Hukumonline.com Akbar, beserta jajarannya.

Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. membuka acara dengan menyampaikan ucapan selamat datang serta berterima kasih atas kehadiran pihak Hukumonline.com untuk menjajaki potensi kerja sama ini. Beliau menyampaikan bahwa program studi Ilmu Hukum di UT merupakan salah satu program studi yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di UT dengan jumlah sekitar 45 ribu mahasiswa aktif saat ini. Dekan FHISIP UT ini pun berharap agar kerja sama kedua pihak dapat tercapai dengan menyasar Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti pengabdian kepada masyarakat dengan cara dosen-dosen Ilmu Hukum UT mendiseminasikan ilmu nya melalui platform Hukumonline.com. Selain itu, Beliau menilai UT dan Hukumonline.com memiliki tujuan mulia yang sama, yaitu memberikan pengetahuan hukum kepada masyarakat serta mengadvokasi hukum di kalangan masyarakat awam.

Selanjutnya, Business Partnership Leader Hukumonline.com Akbar pun menyampaikan pula ucapan terima kasihnya atas sambutan yang hangat dari UT. Akbar menyampaikan bahwa Hukumonline.com didirikan di tahun 2000 dengan tujuan mengedukasi dan mencerahkan masyarakat di bidang hukum secara online. Beliau pun menyampaikan bahwa Hukumonline.com pun tidak hanya menyasar masyarakat awam, tetapi bahkan juga menjadi sumber tepercaya kalangan yang berkecimpung di dunia hukum secara profesional seperti pengacara, konsultan hukum, legal hukum di perusahaan, dan sebagainya. Hukumonline.com sendiri pun memiliki total kunjungan situs sebanyak 6 juta per bulannya. Akbar menyampaikan bahwa tujuannya bekerja sama dengan UT adalah karena Hukumonline.com merasa bahwa dunia kampus menjadi tujuan utama untuk bisa mengedukasi mahasiswa di bidang hukum. “Sebelum mahasiswa terjun ke dunia profesional, kami berusaha memperkenalkan ke mahasiswa, banyak peraturan-peraturan yang perlu diperhatikan, dan sebagainya,” tutur Akbar.

Selanjutnya, pembahasan kerja sama antara keduanya pun dilangsungkan dengan produktif. Hukumonline.com sendiri pun sudah bekerjasama dengan sekitar 30 Perguruan Tinggi baik di dalam negeri hingga luar negeri, sehingga memiliki pengalaman dan potensi besar yang dapat ditawarkan kepada UT. Hukumonline.com pun juga memiliki keinginan untuk mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu peluang kerja sama yang ditawarkannya adalah program University Solution by Hukumonline.com, yaitu sebuah platform pengetahuan hukum terintegrasi untuk jaringan akademisi hukum terdepan di Indonesia. University Solution pun membantu mempublikasikan kegiatan kampus di UT yang dirasa perlu disebarluaskan kepada masyarakat, “Apalagi Hukumonline.com punya 6 juta views per bulannya, jadi sangat bisa membantu meningkatkan exposure UT,” tambah Akbar. University Solution pun dapat membantu dosen dan guru besar UT dalam mempublikasikan artikel hukum di situsnya. Selain itu, terkait pengabdian kepada masyarakat, Hukumonline.com memiliki kolom Klinik Hukumonline yang mana berisikan pertanyaan-pertanyaan pengguna situs seputar hukum, sehingga dosen dan akademisi Ilmu Hukum UT dapat memberi jawaban pada pertanyaan tersebut untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan mereka.

Potensi-potensi kerja sama di antara keduanya pun banyak digali pada diskusi yang berlangsung hangat ini. Kedua pihak merasa bahwa UT dan Hukumonline.com pun memiliki tujuan yang sama, sehingga dengan semangat kebaikan yang dimiliki keduanya, harmoni dan sinergi pun dapat terjalin dan menciptakan sebuah pergerakan dan hubungan yang memberikan hasil yang positif bagi berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, khususnya di bidang hukum.