Halal Bihalal Universitas Terbuka 1444H

Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia, memiliki tradisi yang kuat dalam menjaga tali silaturahmi dan kebersamaan di dalam lingkungan internal. Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444H kali ini, UT mengadakan acara Halal Bihalal yang dihadiri seluruh civitas akademika secara luring dan daring baik di lingkungan UT Pusat dan seluruh UPBJJ-UT. Acara ini dilaksanakan bertepatan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023 di UTCC dengan mengusung tema “Teguh dalam Keyakinan dan Kokoh dalam Kebersamaan Menuju Tatanan Baru UT PTN-BH" menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan membangun hubungan yang lebih baik.  

Rangkaian acara diawali dengan marawis dari An-Nizar yang menghadirkan semangat dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran Surat Ali Imran ayat 133-135 oleh Ustadz Habil Gurium, S.Pd. yang merupakan juara nasional pada MTQ Ramadhan Tahun 2023 di Kendari. 

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan status baru UT sebagai PTN-BH, diharapkan seluruh civitas akademika UT akan lebih semangat dan lebih lincah dalam merespon setiap gerakan perubahan dan dinamika yang terus terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dalam kesempatan Halal Bihalal ini, Rektor UT mengajak rekan-rekan baik di UT Pusat maupun di UPBJJ-UT untuk bersama-sama melangkah bersinergi sesuai dengan tema acara pada hari ini. 

Masih dalam suasana penuh semangat, acara dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A. selaku ketua Senat UIN Syarif Hidayatullah dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah periode 2015-2019. Beliau berharap bagaimana kegiatan silaturahmi ini betul-betul memantapkan kokoh dalam akidah/keyakinan, serta kuat dalam bekerja sama. Hal ini karena untuk menjadi PTN-BH, harus ada kolaborasi yang baik dengan menanamkan dua poin penting yaitu tetap berkarya dengan menjaga, memperkuat, dan mengembangkan silaturahmi. 

Acara Halal Bihalal UT 1444 H diakhiri dengan sekapur sirih oleh Ketua Majelis Wali Amanat UT, Prof. Ainun Na'im, Ph.D., serta dengan ramah tamah santap siang bersama seluruh pegawai pusat Universitas Terbuka. Melalui acara ini, UT kembali memperkuat komitmennya untuk menjadi wadah pendidikan yang tidak hanya mengedepankan akademik, tetapi juga menghargai nilai-nilai kebersamaan dan keberagaman. UT ingin membuktikan bahwa pendidikan yang berkualitas dapat tumbuh dan berkembang dalam suasana yang harmonis dan inklusif.