UT Kolaborasi dengan PIK 2 sebagai Bentuk Pengabdian pada Masyarakat

Universitas Terbuka (UT) sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi selalu memiliki gagasan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri, tangguh, dan kreatif. UT pun berupaya untuk mengimplementasikan gagasannya itu tentunya dengan semangat mendiseminasikan dan membagikan ilmu pengetahuan. Sebagai bentuk inisiasi UT dalam mewujudkan gagasan ini, UT menyadari bahwa hal ini tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, namun sinergisitas antar banyak pihak menjadi kunci utama. Untuk itu, UT pun kembali memperluas  jangkauan kerja sama dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan pihak-pihak terkait. Pada bulan suci Ramadhan ini, dengan niat baik dan tanpa mengurangi semangat, UT sukses menjalin kerja sama dengan PT Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2) melalui penandatangan Nota Kesepahaman dan diikuti oleh penandatanganan 2 (dua) Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua pihak.

Acara penandatanganan ini diselenggarakan pada Senin (17/04/2023) secara luring di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Penandatanganan Dokumen Nota Kesepahaman kedua pihak tentang “Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat” dilakukan oleh Direktur Utama PT Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2) Letnan Jenderal TNI (Mar) (Purn.) Dr. Nono Sampono, S.Pi., M.Si. dan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman, kedua pihak juga menyepakati kerja sama melalui penandatanganan PKS tentang “Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Masyarakat dan Karyawan Di Lingkungan PT Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2) di Universitas Terbuka Angkatan 1” yang dilaksanakan oleh Direktur Town Management PIK 2 Dr. Restu Mahesa dengan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D.

Dr. Restu Mahesa juga menandatangani PKS dengan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UT, Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. terkait Penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyakat antara kedua pihak. Ketiga penandatanganan dokumen ini pun turut didampingi oleh  Direktur Legal Agung Sedayu Group Novansyah Siregar, serta General Manager PIK 2 Stephan Bambang, Ketua Senat Akademik UT Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si., serta Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat UT, Dr. Trini Prastati,  M.P., serta disaksikan oleh seluruh tamu undangan jajaran pimpinan kedua pihak yang hadir di UTCC.

Dalam kesempatan penjalinan kerja sama ini, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., menyampaikan bahwa UT memiliki keunggulan dalam dunia pendidikan tinggi, yaitu UT dirancang pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada seluruh masyakarat melalui pembelajaran jarak jauh. Beliau menambahkan bahwa saat ini UT menjangkau sekitar  440 ribu mahasiswa aktif yang tersebar di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dengan demikian, Beliau menyatakan siap memberikan akses pendidikan tinggi pula kepada masyarakat dan karyawan di lingkungan PT Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2) yang berlokasi di Kecamatan Teluknaga dan Kecamatan Kosambi. Beliau pun berharap agar Kecamatan Teluknaga yang menjadi desa binaan UT dalam program pengabdian kepada masyarakat nya dapat terakselerasi di bidang pendidikan tinggi.

Direktur Utama PT Kukuh Mandiri Lestari (PIK 2) Letnan Jenderal TNI (Mar) (Purn.) Dr. Nono Sampono, S.Pi., M.Si. pun memberikan apresiasi atas kerja sama baik yang dijalin kedua pihak. Menurut Beliau, institusi pendidikan tinggi (UT) dan perusahaan properti (PT Kukuh Mandiri Lestari – PIK 2) memiliki tanggung jawab yang sama dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Beliau merasa bahwa pihaknya memiliki kewajiban untuk memberdayakan masyarakat, termasuk di sekitar PIK 2. Dr. Nono Sampono pun berharap dengan kerja sama ini, UT mampu meningkatkan sumber daya manusia sekaligus memanfaatkan potensi sumber daya alam di sekitar PIK 2 melalui berbagai penelitian sebagai perguruan tinggi yang memiliki kapabilitas di bidang tersebut.

Dengan jalinan kerja sama ini, kedua pihak pun berharap agar tujuan mulia yang diemban keduanya dapat terlaksana dengan baik. UT pun terus melangkah maju dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Bahkan melalui kerja sama ini, selain menjadi medium UT untuk mengabdi kepada masyarakat, UT sekaligus dapat melancarkan misinya untuk mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan penelitian kepada masyarakat luas. Seluruh upaya dan kerja keras UT selalu diawali dengan niat memajukan negeri tercinta, sehingga dengan begitu, pihak-pihak lain baik pemerintahan, swasta, maupun masyarakat secara keseluruhan turut bahu membahu dan bersama-sama menyempurnakan misi yang baik ini.