UT Siap Mencetak Talenta Digital Indonesia

Dalam semangatnya untuk selalu mencerdaskan genrasi muda bangsa, Universitas Terbuka (UT) mengadakan pertemuan dengan LearningX pada 28 Maret 2023 di Wisma 2 UT. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas inisiasi kerjasama antara kedua belah pihak dalam rangka mendukung transformasi digital pada kurikulum UT.

LearningX merupakan sebuah platform teknologi edukasi yang dikembangkan oleh LX International, dibawah naungan LG Group, yang hadir dengan memberikan edukasi yang berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 berbasis online atau daring.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UT menekankan pentingnya transformasi digital di dalam kurikulum pembelajaran UT. Salah satunya adalah dengan meningkatkan dan menyesuaikan Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi (Prodi SI FST) sesuai perkembangan zaman. Kerjasama dengan LearningX diharapkan dapat membuat mahasiswa UT lebih 'melek' akan kemajuan lingkungan.

Hal tersebut diamini oleh Advisor LearningX, Bapak Wikan Sakarinto. Dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa tujuan utama dari LearningX adalah memastikan sumber daya manusia (SDM) Indonesia memiliki kompetensi yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam era digital. Hal ini sejalan dengan misi LearningX untuk mempersiapkan talenta digital Indonesia dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Bapak Wikan pun sependapat dengan WR I UT dan menambahkan bahwa mata kuliah dari prodi lain di UT pun memiliki peluang yang sama untuk program kerja sama ini.

Dari pertemuan pertama ini, diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara UT dan LearningX. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak, serta mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia dalam menggapai Golden Era Indonesia di tahun 2045. UT dan LearningX akan terus berdiskusi dan mengembangkan rencana kerjasama yang lebih detail dalam waktu dekat.