Peluncuran Buku “PPHN Tanpa Amendemen”

Universitas Terbuka (UT) secara konsisten mempublikasikan karya para sivitas akademika yang ada lingkungan UT. Kali ini, UT mempublikasikan hasil karya salah satu Dosen FHISIP UT yang sekaligus Ketua MPR RI, Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A. Pada Selasa, 21 Maret 2023, Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) menjadi tuan rumah bagi acara “Sosialisasi Empat Pilar MPR RI sekaligus peluncuran buku berjudul "PPHN Tanpa Amendemen". Acara ini dilakukan juga secara hybrid, bagi para Direktur di UPBJJ-UT seluruh Indonesia menggunakan aplikasi zoom, para mahasiswa ada yang hadir di UTCC dan ada juga yang menyaksikan melalui live streaming UT TV.

“Bangsa Indonesia sangat memerlukan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai pedoman untuk memastikan pembangunan nasional berjalan berkesinambungan pada setiap pergantian pimpinan nasional atau daerah, sehingga tidak ada pembangunan yang mangkrak dan uang negara rakyat yang terbuang sia-sia. Khususnya dalam menghadapi Revolusi Industri 5.0 dan Indonesia Emas 2045 yang penuh tantangan dan dinamika,” jelas Ketua MPR RI Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A. atau yang biasa disapa Bamsoet dalam karya terbarunya tersebut.

Buku "PPHN Tanpa Amendemen" mengusung sub judul "Pemikiran Analitik Dasar Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara dalam Menghadapi Industri 5.0 dan Indonesia Emas 2045". Berbeda dengan dua buku seri PPHN sebelumnya, buku Bamsoet ke-30 ini ditulis berdasarkan saripati dari disertasi pada saat Sidang Promosi Doktoral, di Bidang Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung.

Peluncuran buku ini berlangsung sangat menarik karena disertai pembahasan dan diskusi kebangsaan oleh Prof. Dr. Hamdan Zoelva, S.H., M.H. (Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia Periode 2013–2015), Dr. Andi Irmanputra Sidin, S.H., M.H. (Pakar Hukum Tata Negara), Prof. Dr. Didin S. Damanhuri, S.E., M.S., D.E.A (Ketua Dewan Pakar sekaligus Ketua Harian Brain Society Center) serta dipandu oleh Prof. Dr. Gorky Sembiring, M.Sc. (Guru Besar Universitas Terbuka).