Reformasi Kurikulum Universitas Terbuka

Dalam dunia pendidikan tinggi, kualitas harus menjadi prioritas. Demi menjamin kualitas, terdapat berbagai instrumen yang dibuat dan dirancang untuk memastikan level kualitas yang diberikan kepada mahasiswa. Universitas Terbuka (UT) sendiri pun selalu berpendirian teguh dalam menjaga kualitasnya di bidang akademik. Selain melalui Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan yang menjadi garda terdepan dalam penjaminan kualitas, UT pun menjaga mutunya melalui program-program dari hulu ke hilir. Salah satunya, dengan menciptakan kurikulum pendidikan tinggi yang sesuai dengan aturan yang ada, serta sesuai pula dengan standar kompetensi yang dituntut oleh masyarakat di masa kini. Tidak hanya merancang kurikulum terbaik, UT juga secara berkala melakukan reviu demi terus meningkatkan kualitasnya. Pada Senin 13/02/2023, UT menggelar Penyamaan Persepsi, Reviu, dan Finalisasi Kurikulum serta Perangkat Pembelajaran secara luring di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Acara ini dihadiri oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik UT Dr. Muhammad Yunus, S.S., M.A., jajaran Staf Ahli Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik, serta dihadiri oleh peserta yang terdiri dari para jajaran pimpinan Fakultas, dan dihadiri pula oleh tim Reviewer Ahli Desain Kurikulum dan Pembelajaran PJJ dan Tim Reviewer Sistem Operasional PJJ. Acara diawali dengan Laporan Staf Ahli Bidang Evaluasi Program dan Akreditasi pada Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik, Tuti Purwoningsih, S.Pd., M.Sc. Beliau menyampaikan bahwa kurikulum merupakan “nyawa” dari suatu program pembelajaran, sehingga keberadaannya memerlukan rancangan yang baik, pelaksanaan yang sesuai dengan kebutuhan serta kompetensi yang dibutuhkan masyarakat, serta evaluasi yang dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Tuti Purwoningsih pun menyampaikan harapannya bahwa dengan diadakannya penyamaan persepsi ini, tercipta dokumen kurikulum dan perangkat pembelajaran yang konsisten dan koheren satu sama lain. Sehingga tercipta pula dokumen kurikulum yang lengkap dan sesuai dengan aturan yang ada.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D., pun selanjutnya memberikan pengarahan sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa terjaminnya kualitas akademik menjadi harga mati agar UT bisa terus bersaing di masa depan. “Kurikulum merupakan ruh kewibawaan akademik UT. Dan, bukan hanya sebatas konten setiap mata kuliah yang disajikan, bukan hanya struktur, tetapi kurikulum mewakili seluruh aspek yang memberikan pengaruh pada kualitas pengalaman belajar bagi mahasiswa,” tutur Prof. Ojat Darojat. Pernyataan ini menjadi ketegasan pimpinan UT betapa pentingnya kualitas kurikulum dalam menciptakan lulusan yang terbaik.  Rektor UT Prof. Ojat Darojat juga menambahkan bahwa UT harus terus berupaya mengemas kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk hal ini, dibutuhkan rancangan yang juga bersifat fleksibel dan dinamis serta memungkinkan mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat. Karena itu, UT berupaya mengakomodir hal ini, salah satunya adalah melalui berbagai tahapan reviu sehingga segala proses yang UT selenggarakan di bidang akademik sesuai dengan standar dan kebutuhan yang dituntut oleh masa kini. Terakhir, Prof. Ojat menyebutkan bahwa salah satu visi yang dimiliki oleh Rektor UT tahun 2001-2009 Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc. adalah menjadikan UT Perguruan Tinggi Jarak Jauh berkualitas dunia. “Salah satu indikatornya adalah di mana kita bisa mengadopsi international standard dari International Council for Open and Distance Education (ICDE). Jika kita sudah sesuai arahan aturan, dan guidance ICDE, sudah mengantongi sertifikat ICDE, kita punya keyakinan bahwa arah kita dalam penyelenggaraan PJJ sudah sesuai dengan kaidah mutu.”

Acara pun dilanjutkan dengan paparan terkait Kebijakan Pengembangan Kurikulum Program Studi UT dan paparan serta diskusi terkait Prosedur Pengembangan Kurikulum oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT Dr. Muhammad Yunus, S.S., M.A., serta ditutup dengan Diskusi Tindak Lanjut Finalisasi Kurikulum oleh Staf Ahli Bidang Evaluasi Program dan Akreditasi pada Kantor Wakil Rektor Bidang Akademik, Tuti Purwoningsih, S.Pd., M.Sc. UT selalu berkeyakinan bahwa selalu ada ruang untuk berkembang. Dengan adanya sertifikasi mutu yang dimiliki UT tidak memperlambat laju UT dalam terus bertingkat menjadi perguruan tinggi yang lebih baik lagi. Dengan semangat dan pola pikir ini, UT dapat terus meningkatkan kualitasnya, sehingga menjadi perguruan tinggi berkualitas dunia.