9 Mitra Hadiri Sosialisasi PMKM di UT

Universitas Terbuka (UT) sudah sejak lama menerapkan pembelajaran berbasis daring yang merupakan bentuk proses belajar dengan memanfaatkan penggunaan internet dan juga media digital. Tentunya metode pembelajaran secara daring dinilai lebih dekat dengan generasi pelajar saat ini karena pembelajarannya yang dinilai lebih fleksibel jika dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Untuk itu, UT sering dijadikan benchmark dengan perguruan tinggi dan juga institusi lainnya terkait dengan sistem pembelajaran jarak jauh.

Pada Jumat 24 Februari 2023, UT mengadakan sosialisasi Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM) di wisma 2 lantai dasar Universitas Terbuka dengan beberapa Perguruan Tinggi mitra UT. Acara dihadiri oleh 9 peserta dari Perguruan Tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan HangTuah Tanjungpinang, Tanri Abeng University, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, Universitas Azzahra, STIKes Bogor Husada, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pelita Ilmu Depok, Sekolah Tinggi Zawiyatul Qur’an Indonesia, Akademi Kebidanan Bunda Auni Bogor, dan Universitas Binawan.

Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Rahmat Budiman, M. Hum., Ph.D. Selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT. Dalam sambutannya Bapak Rahmat menjelaskan secara singkat terkait Universitas Terbuka yang telah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, tentunya hal ini merupakan pengalaman belajar yang luar biasa. Menurutnya saat ini perguruan tinggi konvensional mengalami tantangan yang cukup berat,  karena sekarang sedang terjadi turbulensi dari offline ke online. Untuk itu,  Beliau berharap sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan berharap bisa mendapatkan masukan untuk perbaikan UT kedepannya.

Pembahasan utama pada sosialisasi PMKM ini disampaikan oleh M.Si., Dr. Trini Prastati terkait pengenalan singkat PMKM, Ayu Liestianingsih, S.Kom. Terkait registrasi program mata kuliah mandiri, Drs. Timbul Pardede, M.Si terkait sosialisasi sistem penyelenggaraan ujian PMKM mitra, dan Nang Budiyanto, S.T. Yang menjelaskan terkait pembelajaran di Universitas Terbuka. Pemaparan Materi disertai dengan sesi diskusi.

Acara diakhiri dengan foto bersama serta melakukan Head Office Tour (HOT) pada unit Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (PUSLABA). Dengan dilakukannya Head Office Tour ini peserta dapat melihat langsung proses dari pembuatan bahan ajar sampai pada pengiriman kepada mahasiswa.