Peningkatan Literasi dan Kemampuan Digital Menuju Kota TangSel yang Cerdas dan Modern

Sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengabdian kepada Masyarakat merupakan nilai penting yang harus dilaksanakan oleh sivitas akademika. Yaitu untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Terbuka (UT) sebagai instansi pendidikan berkomitmen untuk terus membangun kerja sama dalam meningkatkan wawasan dan keahlian para guru. Hal ini agar para guru menjadi garda terdepan serta motor penggerak peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui peningkatan kualitas pembelajarannya.

Salah satu implementasi bentuk kerja sama tersebut telah dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP-UT) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan di Tahun 2022. Yaitu melalui kegiatan Pembukaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertemakan “Peningkatan Literasi dan Kemampuan Digital Menuju Kota Tangerang Selatan yang Cerdas dan Modern untuk penyelenggaraan tahun ke II”. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring pada Kamis, 16 Juni 2022 di Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2-UT).

Hadir secara luring, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama; Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. selaku Ketua LPPM; Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. selaku Dekan FKIP-UT; Drs. Taryono, M.Si. selaku Asisten Daerah 3 Pemkot Tangerang Selatan; dan Deden Deni, S.E., M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan. Selain itu, rangkaian kegiatan ini turut diikuti secara daring oleh para guru PAUD, SD, SMP, dan SMA se-Tangerang Selatan melalui aplikasi Zoom.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan laporan Dekan FKIP-UT tentang tujuan khusus dari kegiatan Abdimas Nasional melalui kerja sama FKIP UT dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan yang akan diselenggarakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2022 secara luring dan daring. Kegiatan abdimas nasional ini akan dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa dari 6 jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam (PMIPA), Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS), Pendidikan Dasar (PENDAS), Ilmu Pengetahuan (IP), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS),  dan Magister Pendidikan Ilmu Kependidikan (MPIK), dengan jumlah peserta sekitar 315 orang guru PAUD, SD, SMP, dan SMA. Berbagai pelatihan akan diberikan kepada peserta, salah satunya adalah pelatihan dalam Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Digital untuk Meningkatkan Performa Belajar Siswa yang akan diberikan oleh para dosen dan mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Sambutan Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama mewakili Dosen UT menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  Asisten Daerah 3 Pemkot Tangerang Selatan dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan atas kehadirannya di Kantor UT Pusat, khususnya di Gedung P2M2 UT.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dewasa ini, perkembangan teknologi dan informasi telah membawa generasi sekarang memasuki dunia literasi digital. Literasi digital sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Salah satu contoh dari fenomena ini adalah beralihnya bahan bacaan dari bentuk fisik menjadi digital. Peralihan ini tentunya telah memberikan kemudahan kepada pembaca dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.

Era digital diharapkan dapat memudahkan tenaga pendidik untuk dapat mengakses informasi edukatif yang up to date dengan memanfaatkan media-media digital, seperti komputer atau gawai yang terhubung ke jaringan internet yang dapat diakses dengan mudah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Namun, Rahmat Budiman menambahkan bahwa realisasi dari kegiatan tersebut masih mengalami kendala dalam penerapannya, karena pengetahuan tentang literasi digital yang belum optimal.  Kendala ini dapat diatasi dengan membekali guru-guru dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni untuk melakukan pemanfaatan dan penggalian informasi digital secara bijak. Menyikapi fenomena ini, Abdimas Nasional FKIP-UT hadir sebagai salah satu bentuk upaya nyata dalam mendukung dan menggiatkan peningkatan literasi digital, khususnya bagi para Guru PAUD, SD, SMP, dan SMA untuk mewujudkan Kota Tangerang Selatan yang cerdas dan modern.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan Talk Show oleh Ketua LPPM, Asisten Daerah Tangerang Selatan, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan.

Dengan adanya kegiatan PkM ini Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. selaku Ketua LPPM yang menaungi PkM, berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi guru di Tangerang Selatan dengan meningkatkan keterampilan para siswa yang tentunya harus memiliki literasi digital yang baik. Selain bidang pendidikan, diharapkan kerja sama antara UT dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan dapat mencakup bidang lainnya seperti bidang ekonomi dan sosial budaya, serta membangun program lain yang bermanfaat.

Kegiatan Talk Show dilanjutkan oleh ucapan terima kasih dan harapan Drs. Taryono, M.Si. atas kegiatan kerja sama yang telah memasuki tahun kedua. Beliau menyampaikan bahwa pendidikan merupakan faktor penting dalam meningkatkan SDM terutama di Tangerang Selatan. Hal ini mengingat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tangerang Selatan merupakan yang tertinggi di Provinsi Banten.

Kegiatan Talk Show diakhiri oleh pemaparan dari Deden Deni, S.E., M.M. yang menuturkan bahwa program PkM ini sangat dibutuhkan oleh para guru di Tangerang Selatan untuk mewujudkan motto Tangerang Selatan yaitu “Cerdas, Modern, dan Religius”. Selain itu, beliau berharap agar ke depannya UT dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan dapat membentuk program kerja sama di berbagai bidang lainnya.