Gubernur Sumatera Selatan Resmikan Gedung Baru UPBJJ UT Palembang

Kiprah Universitas Terbuka di Sumatera Selatan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia di tandai dengan telah meluluskan lebih dari 60 ribu alumni yang bekerja di berbagai sektor. Sebagai  Perguruan Tinggi Negeri  yang menerapkan  Sistem  Pendidikan Jarak Jauh, Universitas Terbuka  terus berupaya untuk memperluas daya jangkau dalam upaya peningkatan layanan pendidikan yang modern dan dapat mencetak lulusan yang berkualitas. Untuk memberikan layanan yang lebih nyaman salah satunya dengan mendirikan Gedung UPBJJ-UT Palembang yang baru, terletak pada wilayah strategis guna memudahkan mahasiswa serta masyarakat Palembang dalam mengakses pendidikan di Universitas Terbuka. Gedung baru UT Palembang di resmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan,  H. Herman Deru, S.H., M.M dan didampingi  Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.  serta di saksikan oleh para pimpinan UT serta pejabat pemerintahan setempat.

Peresmian gedung baru UT Palembang pada Senin, 13 Desember 2021 di halaman Kantor UT Palembang berlangsung secara khidmat dan tetap melakukan protokol kesehatan mengingat peresmian ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Tujuan diresmikannya Gedung UT Palembang yang baru untuk meningkatkan  pelayanan kepada mahasiswa.

Dalam laporannya Direktur UT Palembang, Dr. Meita Istianda S.IP., mengucapkan rasa syukur dan terima kasih besar-besarnya atas kehadiran tamu undangan pada acara Peresmian  Gedung Baru UPBJJ UT Palembang di Jalan Kol. H. Burlian, KM 10. Beliau mengatakan untuk memberikan pelayanan yg maksimal dan representative, maka UTmendirikan gedung dengan luas area tanah 4.666m2 dan bangunan  4.100m2, terdiri dari 4 lantai. Pembangunan dimulai pada september 2019 dan selesai secara fisik pada februari 2021. Namun mengingat masyarakat dan mahasiswa masih memerlukan layanan UT di Bukit Siguntang, dan juga menunggu jaringan internet yang stabil maka perpindahan dilakukan secara bertahap,  dan resmi pada tanggal 1 November 2021 beroperasi secara aktif di gedung baru. Tak tidak lupa Direktur UT Palembang mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah memberikan sarana prasarana guna meningkatkan dan memicu pengembangan SDM di Provinsi Sumatera Selatan. Sejatinya, gedung ini dipersembahkan tidak hanya bagi mahasiswa UT namun juga bagi masyarakat. Apa yang di dapat UT sebagian kembalikan kepada pelayanan mahasiswa.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dalam sambutannya menyatakan bahwa UT berhasrat untuk terus berperan dalam peningkatan kualitas SDM di Indonesia melalui Digital Learning Ecosystem. Pandemi yang terjadi pada saat ini bisa dilihat sebagai suatu momentum untuk menyelenggarakan pemanfaatan teknologi dan digitalisasi dalam layanan pendidikan kita, tentu saja untuk mewujudkan Digital Learning Ecosystem, UT memerlukan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah serta mitra UT yang harus tetap terjalin. Pemerataan infrastruktur dan keberadaan SDM yang memadai merupakan kunci utama dari misi ini. Dalam sambutannya beliau juga menambahkan bahwa Sumatera Selatan yang merupakan provinsi yang terdiri dari 13 pemerintah Kabupaten dan 4 Pemerintah Kota dengan jumlah penduduk 8.497.196 jiwa menempatkan Sumatera Selatan sebagai provinsi ke-6 terbesar penduduknya di Indonesia. Hal ini menjadi keunggulan sekaligus tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia untuk di kelola dengan baik serta peluang meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam mengakses pendidikan. Oleh karena itu, UT harus tetap berinovasi dalam memberikan layanan kepada mahasiswa, sebagai contoh dengan kehadiran bahan ajar digital, yang memudahkan mahasiswa untuk dapat langsung belajar tanpa harus menggu bahan ajar cetak. Kemudian layanan tutorial webinar yang memudahkan mahasiswa dapat untuk mendapatkan layanan tutorial tanpa harus hadir pada ruang kelas konvensional dan berbagai layanan bantuan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Melihat berbagai inovasi tersebut UT bisa menjadi solusi permasalahan pendidikan di daerah maupun di daerah pinggiran serta yg tertinggal karena mahasiswa dapat merdeka dalam mengembangkan karya tanpa meninggalkan tugas utamanya. Begitu juga dengan kehadiran Gedung  Baru, diharapkan UPBJJ UT Palembang semakin memantapkan peran strategis UT di tengah-tengah masyarakat Sumatera Selatan dalam mengemban amanat pemerintah memberikan akses pendidikan yang terjangkau, fleksibel dan berkualitas.

Selanjutnya Gurbernur Palembang  H. Herman Deru menyambut baik dan mengucapkan rasa bangganya atas berdirinya Gedung Baru UT Palembang, dan mengapresiasi sistem belajar jarak jauh sebagai model atau panutan apalagi dalam menghadapi masa pandemi covid-19. Kontribusi lain yang telah di berikan UT yakni angka partisipasi bagi mereka  yang memiliki keterbatasan waktu, biaya dan kesempatan. Dengan adanya pendidikan tinggi jarak jauh seperti UT, Gubernur Sumater Selatan bertekad mencanangkan wajib sarjana melalui sistem pembalajaran jarak jauh.