Kerja Sama UPBJJ-UT Banda Aceh dengan Pemerintah Kota Banda Aceh

Banda Aceh, 21 November 2021 - Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Banda Aceh dan Universitas Terbuka (UT) diselenggarakan di sela-sela Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Kerja sama perihal Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Kelembagaan. Wali Kota Banda Aceh hadir di hadapan para wisudawan yang melihat secara virtual melalui aplikasi Zoom. Penandatanganan dilakukan oleh Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM. dan Rektor UT yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Mohamad Yunus SS. M.A.

Dalam sambutannya Dr. Mohamad Yunus SS. M.A., menyampaikan salam hangat dari Rektor UT untuk Bapak Wali Kota beserta jajaran pimpinan yang hadir pada Penandatanganan Nota Kesepahaman. Beliau menambahkan dinamika pandemi Covid-19 tidak menyurutkan layanan UT kepada mahasiswanya. Beasiswa yang difasilitasi oleh pemerintah kota dari Bapak Wali Kota tentunya dapat dimanfaatkan oleh lulusan UT untuk membangun Banda Aceh. UT terus berinovasi meningkatkan layanan kepada mahasiswanya salah satunya dengan Digital Learning Ecosystem (DLE), di mana sentra layanan berbasis IT dan akan terkoneksi satu sama lain sehingga mahasiswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja dengan sumber yang tidak terbatas. Pada saat ini UT sedang bersiap dari Perguruan Tinggi Negeri - Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum (PTN BH) untuk dapat melayani mahasiswa dengan akses seluas-luasnya untuk menempuh pendidikan. Berbagai kemajuan teknologi dan dinamika yang terjadi pada saat ini membuka ruang yang sebesar-besarnya terlebih ketersediaan beasiswa yang semakin banyak ditawarkan. Beliau yakin beasiswa yang disediakan Wali Kota Banda Aceh ini akan dimanfaatkan oleh warga Aceh sehingga memiliki nilai lebih yang berkontribusi kepada pembangunan anak bangsa khususnya Kota Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM., menyampaikan Pemerintah Daerah harus terus menanggapi perubahan yang terjadi di era kolaborasi untuk keberhasilan pemerintah daerah. Beliau menyampaikan apresiasinya karena dapat bersilaturahmi dengan civitas akademika dari UT dan harapannya melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dapat mewujudkan Visi dan Misi Banda Aceh yaitu Terwujudnya Kota Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah khususnya dalam bidang pendidikan. Ke depannya beliau berharap dukungan dan kerja sama ini terus berlanjut dan ditingkatkan. Banda Aceh menjadi referensi pendidikan. Salah satu kemajuan Banda Aceh yaitu dengan dari sektor pendidikan. Indeks pembangunan manusia kota Aceh berjumlah 85, 41% peringkat 2 Indonesia setelah Jogjakarta dari 514 kabupaten kota. Peringkat tersebut didukung dari sektor ekonomi dan income per kapita. Di samping itu sektor pendidikan masih terus dibangun. Pada tahun 2019 Banda Aceh memperoleh penghargaan KIHAJAR oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang merupakan penghargaan tertinggi kepada kinerja Banda Aceh.