• Posted by Anonymous (not verified)
  • 17 Nov 2021
  • Total View 0

AAOU Webinar Series 2021 “StudentSpiration #2”: Employability

AAOU Webinar Series 2021 “StudentSpiration” dengan mengangkat tema Employability digelar pada tanggal 17/11/2021 oleh Sekretariat AAOU. Webinar yang merupakan kelanjutan dari rangkaian Webinar AAOU bulan Oktober 2021 lalu berlangsung melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan secara live streaming pada Youtube UTTV channel. Dalam kesempatan ini, Rahmat Budiman, M. Hum., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Universitas Terbuka (UT) sekaligus Sekretariat Jenderal AAOU mengawali acara dengan sapaan kepada peserta webinar, dilanjutkan dengan sambutan Presiden AAOU, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Dalam sambutan sekaligus pembukaan webinar,  Prof. Ojat  berpendapat bahwa banyak lulusan dari ODL kurang memiliki kepercayaan diri dalam berkompetisi dengan lulusan konvensional. Hal ini seringkali terjadi karena dalam dunia kerja, masih banyak khalayak umum yang menganggap lulusan ODL sebagai secondary education.

Memasuki inti acara webinar, Ethel Joan Atienza, specialist dari SEAMEO-INNOTECH Filipina selaku moderator webinar memimpin berlangsungnya acara. Narasumber pertama yaitu Angelina Jong merupakan alumni dari Wawasan Open University (WOU) Malaysia yang saat ini menjabat sebagai President of Sarawak Physiotherapy Association. Angelina mengangkat isu employability dari sudut pandang alumni. Menurutnya, di dalam dunia kerja tidak hanya semata-mata terkait dengan mendapatkan peluang pekerjaan, tetapi justru mendapatkan skill yang mumpuni untuk pekerjaan tersebut. Selain itu narasumber menuturkan bahwa keberhasilan studi pada ODL tergantung pada diri kita sendiri, karena dalam ODL pembelajaran justru akan semakin fleksibel. Baik tatap muka maupun ODL sebagai mahasiswa kita harus tetap termotivasi, salah satunya dengan tetap memperhatikan pemaparan materi, terus bertanya, serta menemukan cara belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan diri kita masing-masing.

Narasumber berikutnya adalah Kamran Mir yang merupakan Assistant Director IT dan juga alumni of Allama Iqbal Open University (AIOU) Pakistan. Berbagi pengalaman untuk calon mahasiswa ODL Kamran menyampaikan bahwa ODL dipilih agar mahasiswa dapat menyesuaikan kegiatannya dalam bekerja. Menurutnya, ODL merupakan sistem terbaik karena menawarkan fleksibilitas dalam belajar, juga harga yang relatif lebih terjangkau. Poin yang perlu digaris bawahi yaitu bahwa pendidikan umum perlu dioptimalkan kembali  pada keterampilan yang dibutuhkan dalam industri sehingga pendidikan konvensional pun dapat berfokus terhadap dunia kerja.

Selanjutnya adalah pemaparan materi dari Prof. Cengiz Hakan Aydin selaku Professor at Communication Sciences Programme, Anadolu University, Turki. Prof. Cengiz berpendapat bahwa ODL erat hubungannya dengan bagaimana kita terus menerus melakukan penyesuaian. ODL merupakan sebuah keuntungan apabila dilihat dari program yang ditawarkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Pada dasarnya ODL akan berfokus pada kebutuhan masyarakat disekitarnya, dengan harapan skill yang didapatkan akan benar-benar berguna di dalam dunia kerja.

Dokumentasi webinar ini dapat dilihat melalui link berikut. https://www.youtube.com/watch?v=GbYib7m-Xyc