Pemantapan Kerja Sama Universitas Terbuka di Wilayah Surakarta

Dalam rangka akselerasi peningkatan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi (APK PT) di Surakarta, Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surakarta menggelar kegiatan Penjalinan dan Pemantapan Kerja Sama yang bertujuan untuk menyediakan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di wilayah Surakarta. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Solo (30/09/2021) ini berkolaborasi dengan berbagai instansi di wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Rahmat Budiman, M. Hum., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT. Kegiatan ini dihadiri Direktur UT Surakarta Dra. Yulia Budiwati, M.Si., Bupati Boyolali yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali Darmanto,S.Pd., M.M, Para Sekretaris Daerah se-Solo Raya, Salatiga, dan Grobogan, Para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali, Surakarta dan Karanganyar.

Dalam sambutannya, Direktur UT Surakarta menyampaikan bahwa salah satu prinsip UT yang terus dipegang yaitu mengembangkan kerja sama. Hal ini dilakukan sejak didirikan UT yang didesain untuk berkolaborasi. “Kami tidak bisa memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pembelajaran oleh diri kami sendiri”, ujar Yulia Budiwati. Beliau berharap dengan kerja sama nantinya UT dan mitra bisa meningkatkan APK PT secara cepat.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT memaparkan bahwa APK PT di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara lain dan diharapkan dengan pemantapan kerja sama ini APK PT dapat meningkat. “Roda pendidikan tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya kerja sama. Hal ini perlu dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi”, ujar Rahmat Budiman.

Bupati Boyolali yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali Darmanto, S.Pd., M.M. menyambut baik kegiatan penjalinan dan pemantapan kerja sama ini. Seperti diketahui, kerja sama antara UPBJJ-UT Surakarta  dengan Kabupaten Boyolali telah terjalin cukup lama. “Ketika kerja sama ini bisa diperluas dan dimantapkan, tentu ini sesuatu yang sangat baik dan sesuai dengan visi Bupati Boyolali yaitu sejahtera, produktif dan berdaya saing”, ujar Darmanto.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan  penyerahan cenderamata oleh UT kepada para mitra, serta penyerahan hadiah dan medali kepada para mahasiswa  pemenang Disporseni Nasional Universitas Terbuka Tahun 2021 kontingen dari UPBJJ-UT Surakarta.