Acara Puncak Dies Natalis Ke-37 Universitas Terbuka

Kegiatan acara puncak Dies Natalis ke-37 Universitas Terbuka (UT) dan Disporseni Nasional UT 2021 dengan mengambil tema “Membangun SDM Unggul melalui Digital Learning Ecosystem” diikuti oleh pegawai, mahasiswa UT, peserta Disporseni Nasional UT 2021, dan perwakilan dari PTN/PTS mitra secara daring baik melalui Zoom Meeting dan live streaming UT-TV.

Dalam sambutan Ketua Dies Natalis Ke-37 UT Dr. Sofjan Aripin, M.Si. melaporkan bahwa penyelenggaraan acara puncak Dies Natalis Ke-37 UT telah memperhatikan serangkaian protokol kesehatan pandemi Covid-19. Ia mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada peserta Disporseni Nasional UT 2021 yang telah turut memeriahkan Dies Natalis Ke-37 UT.

Selaku Ketua Senat UT Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si. menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Rektor UT Periode 2021-2025 serta mengapresiasi atas kinerja Panitia Seleksi Rektor. Menginjak usia ke-37, ia berpesan agar UT terus berinovasi dalam menghadapi berbagai tantangan guna mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ) berkualitas dunia.

Dalam acara puncak Dies Natalis ke-37 UT, UT menerima sejumlah ucapan dari petinggi di Indonesia. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. mengucapkan selamat atas Dies Natalis Ke-37 UT dan ucapan agar UT terus konsisten dalam membangun digital learning ecosystem dari Sabang sampai Merauke untuk memberikan akses pendidikan tinggi bagi semua.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. mengapresiasi UT yang telah hadir sejak 37 tahun silam di tengah masyarakat Indonesia dalam memberikan pendidikan tanpa ruang kelas dan menyediakan pendidikan berkualitas tanpa batas.

Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, SE, M.B.A. berkenan memberikan sambutan dan ucapan selamat Dies Natalis ke-37 kepada seluruh civitas akademika Universitas Terbuka. Dalam sambutan ketua MPR RI mengapresiasi peran penting Universitas Terbuka. Sejak berdiri pada 4 September 1984 sampai usia ke-37 ini, Universitas Terbuka telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan negara Indonesia melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTTJJ). Ia juga mengapresiasi atas capaian UT yang menjadi pionir dalam penyelenggaraan PJJ. Ia berharap agar UT semakin sukses dalam membangun sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Wakil Presiden RI, Bapak H. Makruf Amin, juga turut memberikan ucapan selamat Dies Natalis ke-37 dan mengapresiasi UT yang telah turut membantu pemerintah dalam penanganan percepatan pandemi Covid-19 khususnya di bidang pendidikan jarak jauh.

Pada puncak acara Dies Natalis ke-37 UT, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan pidato Dies Natalis ke-37 UT. Dalam pidato Dies Natalis, Rektor UT menyampaikan kontribusi besar UT bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, terutama mengemban misi utama untuk membuka akses pendidikan tinggi berkualitas bagi semua lapisan masyarakat yang disimbolkan dengan filosofi UT “making higher education open to all”. Dengan daya jangkau yang luas yaitu 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) dan 1 Unit Layanan Mahasiswa Luar Negeri, UT diharapkan mampu melayani seluruh mahasiswa UT yang tersebar di dalam negeri maupun luar negeri, termasuk mahasiswa yang berada di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Berbagai terobosan telah dilakukan agar kualitas dan kewibawaan akademik UT tetap berdiri tegak. Tutorial Webinar (Tuweb) merupakan layanan yang paling popular di masa pandemi melengkapi layanan tutorial online secara asynchronous yang sudah lama diikuti mahasiswa UT. Learning Management System (LMS) sebagai platform penting layanan pembelajaran jarak jauh terus di-upgrade dan customized agar semakin menarik dan berkualitas. UT juga memiliki sistem ujian online berbasis web yang bisa diikuti mahasiswa termasuk bagi mahasiswa yang menempuh ujian Tugas Akhir Program selama masa pandemi. Terobosan terkini, UT juga telah mengembangkan SUO yang dilengkapi dengan online proctoring yang akan semakin mempermudah mahasiswa dalam mengikuti ujian.

Pada acara puncak Dies Natalis ke-37 UT ini, dilakukan penyerahan piagam rekor MURI untuk tiga kategori, yakni 1) perguruan tinggi dengan alumni terbanyak; 2) perguruan tinggi dengan jangkauan layanan terluas; 3) perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak yang lulus seleksi CPNS formasi 2019.

UT juga melakukan kerja sama dengan PT. Arutmin Indonesia Tambang Satui dalam peningkatan mutu sumber daya manusia dan layanan pendidikan tinggi. Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. dan Mine Manager Cipto Prayitno yang disaksikan oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. 

Dalam acara puncak Dies Natalis juga dilakukan peluncuran buku Dies Natalis ke-37 UT dengan tema “Membangun SDM Unggul melalui Digital Learning Ecosystem”. Buku ini berisi berbagai capaian dan terobosan yang dilakukan UT dalam membangun ekosistem pembelajaran digital. Acara puncak Dies Natalis juga dimeriahkan oleh Cak Lontong dan persembahan tarian daerah.

Kegiatan Acara Puncak Dies Natalis ke-37 UT sekaligus merupakan penutupan kegiatan Disporseni Nasional UT 2021. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis UT ke-37, Disporseninas UT pada 2021 ini mengambil tema “Meningkatkan Kesuksesan Mahasiswa melalui Integritas, Sportivitas, dan Kreativitas”.