Universitas Jambi Lakukan Kunjungan ke UT dalam Rangka Penerapan Sistem Pendidikan Jarak Jauh

Dalam upaya menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ), Universitas Jambi (UNJA) melakukan kunjungan ke Universitas Terbuka (UT) yang dilaksanakan pada hari Selasa (15/12/2020) di Gedung Serba Guna UT. Agenda kunjungan diisi dengan presentasi tiga materi, yaitu Program – Program Pelatihan di UT yang disampaikan oleh Ir. Tengku Eduard Azwar Sinar, M.A., selaku Ketua Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) UT, serta Arsitektur ICT yang dikembangkan dan diterapkan di UT oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK), Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc.

Pada kesempatan ini, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa saat ini perguruan tinggi perlu menerapkan sistem pendidikan jarak jauh. Hal ini dilakukan guna memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat bahkan hingga ke pelosok negeri untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi. Dalam kegiatan pembelajaran, kehadiran bahan ajar merupakan hal yang sangat penting terlebih untuk mahasiswa yang berada dalam kondisi akses yang tidak mudah untuk dijangkau. Oleh karena itu, bahan ajar menjadi modal yang penting dalam menerapkan sistem pendidikan jarak jauh. UT dalam menyusun bahan ajar juga melibatkan content expert dari perguruan tinggi lain, sehingga bahan ajar yang dihasilkan pun berkualitas. Rektor menyambut baik kunjungan ini dan diharapkan akan memberikan manfaat kepada seluruh pihak.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Sistem Informasi UNJA, Prof. Dr.rer.nat.H. Rayandra Asyhar, M.Si. menyampaikan bahwa maksud dan tujuan utama dari kunjungan yang dilakukan ke UT adalah terkait dengan pengembangan bahan ajar PJJ. Dalam kondisi saat ini, UNJA yang merupakan perguruan tinggi konvensional perlu mengembangkan sistem pembelajarannya menjadi online, untuk itu dengan pengalaman UT dalam PJJ, UNJA berharap UT dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai bahan ajar dan fasilitas – fasilitas PJJ.

Pada presentasinya, Kepala BPPU UT, menjelaskan program – program pelatihan dan konsultasi yang ditawarkan oleh UT untuk pengembangan kompetensi SDM dari institusi mitra, misalnya dalam pengembangan PJJ, bahan ajar, pemanfaatan LMS, dan lain – lain. Setelah materi disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi, kemudian kunjungan ke Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2), dan UPT TIK. Pada saat kunjungan ke P2M2, tamu dari UNJA diperkenalkan dengan pengembangan bahan ajar di UT, baik cetak maupun noncetak. Di UPT TIK, para tamu memperoleh penjelasan mengenai sistem Ujian Akhir Semester (UAS) dengan skema Take Home Exam (THE) yang baru diterapkan kepada seluruh mahasiswa UT dan diakhiri dengan peninjauan ruang server UT.