Presiden AAOU: Terus Dukung Pendidikan Jarak Jauh di Asia

Sekretariat Asian Association of Open Universities (AAOU) menyelenggarakan Seminar Web (Webinar) yang kedua dari serangkaian "AAOU President Speech Series bertema Responding COVID-19 to Remove Barriers: Access, Equity and Inclusion” secara virtual melalui platform Microsoft Teams dan Channel Youtube UT TV, Selasa (4/8/2020). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Presiden AAOU sekaligus Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dengan mengundang dua narasumber yaitu Rektor Allama Iqbal Open University (AIOU) Prof. Dr. Zia UI-Qayyum dan Direktur Penelitian Open University of Hongkong (OUHK), Dr. K.C.Li, dengan moderator Kepala Pusat Keilmuan UT, Prof. Dr. M. Maximus Gorky Sembiring.

Dalam sambutannya, Prof. Ojat berharap dalam kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan memupuk ide baru untuk masa depan. Ia mengatakan bahwa AAOU terus mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) di Asia.  Prof. Ojat mengapresiasi capaian 1,3 juta mahasiswa aktif di Allama Iqbal Open University Islamabad, Pakistan dan menyebutnya sebagai mega university. Prof. Ojat menyampaikan terima kasih kepada Dr. K.C.Li atas komitmen dan kontribusinya di AAOU.

Dr. K.C.Li selaku pembicara pertama berfokus pada tutoring dan mentoring saat pandemi Covid-19. Ia menyampaikan bahwa selama masa pandemi Covid-19, sistem pembelajaran konvensional dengan tatap muka beralih dengan memanfaatkan media daring (online), termasuk materi pembelajaran dan proses interaksi. Pembelajaran daring dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Institusi pendidikan dituntut untuk terus berinovasi, bersiap dalam menghadapi tantangan kedepan.  

Prof. Dr. Zia UI-Qayyum selaku pembicara kedua membagikan praktik baiknya tentang evaluasi dan penilaian saat pandemi Covid-19 di AIOU. AIOU melakukan pergeseran pada kegiatan evaluasi dan penilaian dari mode tatap muka menjadi online/e-Assessment untuk memastikan keamanan, validitas, dapat dipercaya dan diterima. AIOU menggunakan beberapa metode dalam pelaksanaan evaluasi dan penilaian bagi mahasiswa, di antaranya secara asynchronous dengan memberikan tugas dan pengumpulannya tidak langsung, synchronous, Safe Exam Browser (SEB), dan Oral Online Exam.  

Kegiatan ini ditutup oleh sekretaris jenderal AAOU, Rahmat Budiman, Ph.D. yang sekaligus mengundang peserta untuk berpartisipasi pada AAOU President Speech Series ke-3 bulan September mendatang. Selain itu, peserta juga diundang untuk mengirimkan artikel ke AAOU Journal. Apabila artikel tersebut dipublikasikan pada edisi terbaru, penulis akan mendapatkan penghargaan bebas biaya registrasi AAOU Conference ke-34 yang diselenggarakan oleh Open University of Sri Lanka pada 1-3 Juni 2021 mendatang.