Temu Ilmiah Nasional Guru Pertama Melalui Daring

Kegiatan Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) dilaksanakan rutin setiap tahun sejak 2008 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT). Pelaksanaan TING XII dilakukan secara daring yang ditayangkan melalui Microsoft Teams dan Youtube UT TV pada 25 – 26 Juli 2020.

TING XII menjadi wadah forum komunikasi ilmiah antara para pakar pendidikan, guru, dan pemerhati pendidikan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Kali ini, TING XII mengusung tema “Membangun Masa Depan Bangsa melalui Merdeka Belajar di Era Digital”. Dalam laporannya, Ketua Panitia TING XII Dra. Johanna Benyamina Sophia Pantow, M.AppL. menyampaikan bahwa TING XII melibatkan 110 penyaji makalah dalam 14 kelas paralel dengan 6 subtema.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Dekan FKIP-UT Prof. Udan Kusmawan, MA., PhD, di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), sekaligus melakukan peresmian GETLab FKIP-UT.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, dan Ketua Biro. Dalam sambutannya, Rektor UT menyatakan kegiatan ini diharapkan mampu menyumbangkan pemikiran dan gagasan seputar profesionalisme guru berbasis karakter, serta mendorong para guru agar memiliki kemampuan berdiskusi dan bertukar pikiran seputar topik terkait karakter guru masa depan.

TING XII mengundang dua Keynote Speakers yaitu Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. dari UT dan Obert Hoseanto dari PT. Microsoft Indonesia, serta dimoderatori oleh Prof. Dr. M. Gorky Sembiring, M.Sc.

Tian menyampaikan bahwa tujuan dari pembelajaran yaitu menjadikan siswa lebih mandiri dan memiliki kompetensi 4C (creative thinking, creativity, collaboration and communication). Pada pembelajaran digital, diharapkan guru dapat mendorong siswa bersikap aktif dan mandiri, serta pembelajaran dapat dilakukan dimana saja.

Obert menyatakan bahwa Microsoft Indonesia turut berperan aktif dalam menjamin rasa aman pelanggan dengan menjaga kerahasiaan identitas, perangkat, aplikasi dan informasi.