Seleksi masuk S2 dan S3: UT Bekerja Sama dengan Pusat Layanan Tes Indonesia

Dalam rangka meningkatkan mutu seleksi masuk Program S2 dan Program S3, Universitas Terbuka (UT) lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Fokus utama dalam kerja sama ini adalah dalam hal administrasi dan soal Bahasa Inggris untuk seleksi masuk S2 dan S3. Penandatanganan berlangsung di Kantor Pusat UT (31/1/2020).

Pada kesempatan ini, Diretur Utama PLTI, Dra. Retno Suhapti, S.U., M.A. menyampaikan bahwa PLTI merupakan pusat tes yang saat ini juga sedang melayani permintaan untuk sertifikasi dosen (serdos) dan seleksi mahasiswa baru di puluhan perguruan tinggi di Indonesia dan saat ini akan bekerja sama dengan UT untuk seleksi masuk S2 dan S3. PLTI akan berusaha kompatibel dengan kebutuhan UT dan berharap kerja sama ini akan berjalan lancar kedepannya sehingga dapat dijadikan contoh oleh perguruan tinggi lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus. Ph.D. menyampaikan, pendidikan di UT dilakukan secara fully online mulai dari registrasi hingga ujian dengan menggunakan Sistem Ujian Online (SUO). Hal ini bertujuan agar proses pembelajaran dapat diakses hingga kabupaten-kabupaten seluruh Indonesia. Untuk jenjang S1 tidak dibutuhkan tes masuk, namun untuk jenjang S2 dan S3 jumlah mahasiswa dibatasi sehingga dibutuhkan tes masuk. Rektor berharap kerja sama ini akan berjalan lancar dan memberikan manfaat kepada kedua belah pihak.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UT dan Diretur Utama PLTI, sementara PKS ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana, Dr. Siti Julaeha, M.A. dengan Direktur Utama PLTI.