Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara FHISIP-UT dengan Tiga Fakultas di UNP

Senin, 10 Februari 2020 menjadi hari yang sangat penting bagi Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka (FHISIP-UT) dan tiga Fakultas di Universitas Negeri Padang (UNP), yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), dimana pada hari itu ditandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang meliputi bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, bertempat di gedung FE UNP, Kampus Air Tawar Padang.

Kegiatan penandatanganan PKS dihadiri oleh Dekan FHISIP-UT (Dr. Sofjan Aripin, M.Si.) dan seluruh Dekan dari fakultas di UNP, yaitu Dekan FE (Dr. Idris., M.Si.), Dekan FIS (Dr. Siti Fatimah, M.Pd., M.Hum.), dan Dekan FBS ( Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.). Selain itu, hadir pula pada kesempatan tersebut Wakil Dekan, Ketua Jurusan, dan Ketua Program Studi dari masing-masing fakultas yang terlibat dalam PKS.

Dalam sambutannya, Dekan FHISIP-UT diantaranya menyampaikan tentang pentingnya kerja sama antara UT dengan berbagai perguruan tinggi dan instansi lain di tanah air dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar mahasiswa UT, yang tersebar di seluruh pelosok negeri bahkan di mancanegara. Dr. Sofjan juga menekankan pentingnya kegiatan tutorial online (tuton) yang wajib disediakan bagi mahasiswa oleh UT, sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ). Terkait dengan kegiatan tuton tersebut, UT telah melatih sebanyak 71 dosen dari ketiga fakultas UNP di atas serta beberapa dosen dari Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang, sebagai calon tutor pada kegiatan tutorial online UT. Pelatihan dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Februari 2020 bertempat di Kantor UPBJJ-UT Padang.

Sementara Dekan FE UNP, Dr. Idris, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama ini bermanfaat bagi kedua universitas dalam kerangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beliau menambahkan bahwa pada semester ini (2020.1) ada lebih kurang 6.000 mahasiswa UNP yang mengambil mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di UT melalui metode belajar jarak jauh. Hal ini sangat membantu UNP, mengingat keterbatasan jumlah ruang dan dosen yang ada di UNP, khususnya untuk kedua mata kuliah tersebut. Pada kesempatan yang sama beliau juga mengucapkan terima kasih kepada UT, karena telah memberikan pelatihan kepada dosen-dosen mereka terkait pembelajaran dalam jaringan (daring).

Ditulis oleh: Syarif Fadillah