RTM: UT Mengadopsi Kekinian di Bidang Akademik

Dalam rangka peningkatan kualitas layanan pendidikan serta memastikan implementasi manajemen sesuai dengan tujuan dan sasarannya di lingkungan Universitas Terbuka (UT), UT menggelar agenda tahunan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center pada 27-31 Januari 2020. Rapat dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan UT.

RTM ini mengambil tema, “Reformasi Layanan Pendidikan dalam Mempersiapkan Lulusan yang Berkarakter dan Berdaya Saing”. Rapat dibuka dengan sambutan dan pemukulan gong oleh Rektor UT - Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. , Wakil Rektor Bidang Akademik - Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan - Ir. Kristanti Ambar Puspitasari, M.Ed., Ph.D.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa sebagai satu-satunya leading institution perguruan tinggi jarak jauh, UT berkomitmen untuk terus mengembangkan pembelajaran secara online. Terkait dengan hal tersebut, UT terus berupaya meningkatkan kualitas layanan agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran sehingga dapat menciptakan lulusan yang berkualitas dengan melakukan berbagai evaluasi, peningkatan mutu, maupun perbaikan manajemen sistem layanan mahasiswa.

Terdapat beberapa poin penting yang akan dibahas dalam RTM kali ini, yaitu membahas mengenai kurikulum, pembukaan program studi baru, penataan tutor tatap muka dan online, peningkatan internet dan computer literation bagi mahasiswa, pengembangan bahan ajar digital interaktif, penyelenggaraan praktik dan praktikum, serta implementasi program pembekalan dan pemeliharaan mahasiswa.