Tiga Mahasiswi Wakili UT di Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia LLDIKTI Wilayah III

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). KDMI merupakan lomba debat berbahasa Indonesia tingkat nasional. Kegiatan tahunan ini menjadi ajang positif bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi.

Pada 4 - 6 Juli 2019 diselenggarakan seleksi peserta KDMI pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA yang diikuti oleh 42 perguruan tinggi. Universitas Terbuka (UT) mengirimkan perwakilan sebanyak tiga mahasiswi yaitu Indah Lestari, Nadiya Khoirun Nisa dan Wiwit Lestari. Perwakilan UT ini telah menjuarai lomba debat Disporseni Nasional UT tahun 2018. "Bangga dapat memiliki kesempatan untuk mewakili UT dalam KDMI karena dapat menambah pengalaman", kata Wiwit. Menurut Indah, selama belajar di UT terbiasa untuk belajar secara mandiri sehingga untuk menjaga kekompakan timnya, ia menggunakan sarana video call untuk berlatih bersama.

Tahap persiapan sebelum dilaksanakannya KDMI untuk para peserta yaitu seminar dan simulasi lomba pada hari Kamis (04/07/2019). Babak penyisihan lomba debat dimulai pada hari Jumat 5 Juli 2019 hingga sore hari. Tim UT menunjukkan kebolehannya dalam beradu argumentasi dengan tim lawan. Tim yang melaju ke perempat final diumumkan pada hari Sabtu sesaat sebelum pelaksanaan lomba.

Langkah tim UT terhenti saat pengumuman 8 besar, UT gagal melenggang ke perempat final yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (06/07/2019). Namun, tidak mematahkan semangat untuk mengikuti lomba debat di lain waktu.  Sri Wahyu Krida Sakti, S.H., M.Si. selaku juri institusi dari UT berpesan agar adanya pencarian bakal bibit dari UT untuk meregenerasi mahasiswa yang dapat mewakili UT di berbagai lomba baik tingkat kabupaten/kota maupun nasional.

Perguruan tinggi yang menjuarai KDMI dari LLDIKTI Wilayah III yaitu Juara 1 Universitas Indonesia, Juara 2 Institut Ilmu Sosial dan Politik, serta Juara 3 Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta.