Sosialisasi UT ke Ternate, Rektor melakukan talkshow di Gamalama TV Ternate

Sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi UT ke masyarakat luas, khususnya di Maluku Utara, maka dilaksanakan kegiatan live talkshow di Gamalama TV di Ternate. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2019 di studio Gamalama TV yang terletak di hotel Grand Dafam, dan mengusung tema ”Implementasi Pola Pendidikan di Era 4.0”.

Pada kegiatan talkshow ini, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Kepala UPBJJ-UT Ternate, Anfas, S.T., M.M., serta didampingi oleh Irena Shafira, mahasiswa UT prodi Ilmu Hukum yang terpilih mewakili Maluku Utara dalam ajang pemilihan Putri Indonesia 2019, bertindak sebagai narasumber. Di talkshow ini dipaparkan tentang ”Evolusi Universitas Terbuka dari awal berdiri hingga era Revolusi Industri 4.0 serta kualitas, keunggulan dan kerjasama Universitas Terbuka dalam usaha untuk memantapkan jati dirinya sebagai Cyber University”. Irena Shafira yang merupakan pegawai pada Dirjen Pajak di Maluku Utara, juga mengungkapkan kebanggaannya sebagai mahasiswa UT yang memungkinkannya untuk dapat melanjutkan kuliah sambil bekerja.

Sebagai rangkaian dari kunjungan Rektor ke Ternate, pada hari sebelumnya tanggal 18 Juli 2019, dilaksanakan kegiatan temu wicara Rektor dengan sekitar 50 mahasiswa dan tutor UT

di kantor UPBJJ-UT Ternate. Beberapa mahasiswa berprestasi UT dari UPBJJ-UT Ternate turut hadir dalam temu wicara ini, antara lain Irena Shafira, perwakilan Maluku Utara dalam ajang Putri Indonesia 2019 (prodi Hukum); Asmitha Kamar, Putri Kebudayaan Maluku Utara 2019 (prodi Administrasi Bisnis); Rifai Maulana Yusha, Putra Kebudayaan Maluku Utara 2019 (prodi Manajemen); dan Nursanti Usia, Putri Persahabatan dan Jujaru & Ngungare 2019 (prodi Ilmu Perpustakaan).

Dalam sambutannya, Rektor mengungkapkan peran serta UT dalam upaya untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Indonesia, serta berbagai upaya peningkatan layanan yang diberikan kepada mahasiswa. Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh para mahasiswa dan tutor UT dengan aktif mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan ke UT. Kegiatan yang berlangsung hingga sore hari ini ditutup dengan kegiatan foto bersama. (Olivia I)