458 Wisudawan UT Banda Aceh Hadiri UPI

UT Banda Aceh hari ini, Minggu (7/4) menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah yang dihadiri 458 wisudawan yang terdiri dari 402 lulusan FKIP, 22 lulusan FHISIP, dan 34 lulusan FE. Hadir dalam acara itu Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Rektor Unsyiah: Prof. Dr. Ir. Syamsul Rizal, M.Eng, WR4 Unsyiah Dr. Hizir Sofyan, B.Sc., Kepala Dinas Pendidikan Prov. Aceh Syaridin S.Pd. M.Pd, Pimpinan PT. Serambi Indonesia: Mohd. Din, Para Mantan Kepala UPBJJ-UT Banda Aceh, Ketua IKA UT Aceh, dan para Pengurus Pokjar.

Dalam kegiatan UPI tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah kesepahaman antara Universitas Terbuka dengan Universitas Syahkuala dan antara Universitas Terbuka dengan PT. Serambi Indonesia.

Tiga wisudawan dinyatakan sebagai lulusan terbaik dari UT Banda Aceh, yaitu Novi Nurmita lulusan S1-PGSD dengan IPK 3.32, Nurbayani lulusan S1-PGPAUD dengan IPK 3.10, dan Zulkarnain lulusan S1-Manajemen dengan IPK 3.81.

Direktur UT Banda Aceh Drs. Edy Syarif, M.Pd dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama dengan semua pihak untuk mewujudkan pendidikan tinggi di Aceh. Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka dalam sambutannya memberikan selamat kepada wisudawan karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan di UT karena tantangan kuliah di UT lebih besar dibandingkan dengan di perguruan tinggi tatap muka. Selain itu menegaskan pentingnya peran keluarga dalam mendukung keberhasilan belajar di UT. Rektor juga menekankan tugas UT dalam meningkatkan APK yang saat ini masih berada dalam angka 34.5%. Artinya ada 63.5% lulusan SMA dan sederajat yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. UT mengemban tugas dari Kemenristekdikti meningkatkan APK menjadi 40% di tahun 2022, salah satunya melalui pendidikan jarak jauh. UT sebagai lembaga pendidikan jarak jauh yang pertama di Indonesia diminta menjadi leader dalam pengembangan pendidikan dalam jaringan di Indonesia. Pendidikan jarak jauh nantinya akan ditawarkan juga oleh perguruan tinggi yang selama ini menawarkan program tatap muka. (RB)