UT Selenggarakan Kuliah Umum: Impactful Collaborative Online Learning

Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan kuliah umum mengenai “Online Collaborative Learning” di Gedung Serba Guna UT dengan menghadirkan Prof. Tristan E. Johnson Guru Besar Northeastern University sebagai narasumber, Senin (12/11/2018). Ia telah berpengalaman dalam mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum sistem pelatihan pada bidang bisnis, industri dan akademisi. Acara ini resmi dibuka oleh Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D Rektor UT. Dalam sambutannya, ia berharap melalui kuliah umum ini dapat meningkatkan pengetahuan collaborative online learning guna memperbaiki kualitas, meningkatkan pengetahuan dan social discourse.

Prof. Tristan E. Johnson fokus pada "Impactful Collaborative Online Learning". Bentuk kolaboratif dapat dilakukan antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen. Kolaboratif dapat dilakukan berkelompok minimal dua orang. Interaksi yang dilakukan dalam bentuk kasual atau formal interaksi. Ia juga memberikan faktor kunci yang dapat dilakukan dalam mengembangkan pembelajaran kolaboratif daring yaitu tentukan tujuan kegiatan, membuat desain pengalaman berkolaborasi, dan kolaborasi dan tim yang solid.

Prof. Tristan E. Johnson mengemukakan bahwa belajar merupakan kegiatan yang sulit, tetapi kita harus memberikan kekuatan dan bersinergi dalam kegiatan berkelompok melalui daring. Hal yang penting juga yaitu perlunya monitoring dan evaluasi diakhir kegiatan. Tidak hanya dosen, mahasiswa juga harus dapat menilai pekerjaan yang dilakukan oleh mahasiswa lain. Para peserta berkesempatan mengemukakan pendapat dan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Kemudian, acara diakhiri dengan sesi foto bersama peserta kuliah umum.