UT Melebarkan Sayap Melalui AAOU

Perhelatan tahunan perguruan tinggi terbuka jarak jauh tingkat Asia kembali digelar. Kali ini, Hanoi, Vietnam dipercaya sebagai tuan rumah acara konferensi ke-32 Asian Association of Open University (AAOU) pada tanggal 24-26 Oktober 2018 di Hotel Melia, Hanoi, Vietnam. AAOU, lembaga non-profit, berdiri sejak tahun 1987 beranggotakan akademisi, administrasi maupun mahasiswa yang bergerak pada pendidikan jarak jauh dari beragam universitas, melalui keanggotaan yang sifatnya full member atau associate member. Konferensi ini mengusung tema besar yaitu "Open Education in Human Resource Development in Asia's Period of Integration", pemilihan tema didasarkan pada cepatnya perkembangan teknologi yang berimbas pada pendidikan, khususnya pendidikan jarak jauh. Empat sub tema yang diusung pada konferensi ini yaitu Human Resource Development in Open Universities, Open Eduction in Technical, Vocational and Skills Development, and New Technology in Open Education.

Pre-conference activities pada 22-23 Oktober 2018 mengawali serangkaian kegiatan yang diantaranya, pertemuan pembahasan hasil penelitian kolaborasi mengenai OU5 research dan Taskforce Accreditation yang melibatkan 5 universitas di Asia. Penelitian ini membahas proses akreditasi bagi perguruan tinggi jarak jauh di Asia.

Pada acara pembukaan, para delegasi disambut dengan tabuhan perkusi dan tarian "Lotus Dance” yang merupakan simbol dari kota Hanoi (24/10/2018). Presiden Universitas Terbuka Hanoi (HOU), Dr. Truong Tien Tung, menyambut dengan penuh antusias. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan Presiden AAOU, Prof. Melinda Bandalaria yang juga Chancellor of University of The Phillipines Open University. Sebelum sesi pararel, tiga pembicara utama menyajikan paparannya yaitu Prof. Tian Belawati, Ph. D (Universitas Terbuka), Assoc. Prof. Dr. Nguyen Mai Huong (Chairman of the Board of Regents of Hanoi Open University) dan Dr. Li Kan Cheong (Director of Research Center of Open University of Hongkong). Sebanyak 140 pemakalah hadir untuk menyajikan hasil penelitiannya. Perwakilan Universitas of Payame Noor, Iran menyampaikan harapannya untuk bekerja sama dengan Universitas Terbuka dalam pengembangan IT dan pembelajaran bahasa Arab.

Konferensi ini ditutup dengan paparan dua pembicara tamu Prof. Asha Kanwar (Commonwealth of Learning) yang mengusung tema Human Resource Development and Lifelong Learning for Open Universities, serta Prof. Rory Mc Greal (UNESCO/Commonwealth of Learning Chairholder in Open Educational Resource), yang membahas Open Education in Technical, Vocational, and Skills Development. Para delegasi berkesempatan untuk mengunjungi Museum Etnologi sebagai acara penutup dari keseluruhan perhelatan konferensi pendidikan jarak jauh tingkat Asia ini. Cảm Ơn, hẹn gặp bạn ở Pakistan! (Terima kasih, sampai jumpa di Pakistan!)