UT Hadir di Indonesia Education Fair di Dili - Timor Leste

Dili, Timor Leste – Pendidikan merupakan elemen wajib yang harus dimiliki setiap insan di setiap wilayah ataupun Negara. Indonesia sebagai salah satu Negara terbesar di Dunia, memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia. Tidak hanya kepada masyarakat dalam negeri, Indonesia berupaya menginformasikan keterbukaan dalam menempuh pendidikan kepada masyarakat luar negeri, termasuk Timor Leste.

Untuk mendukung peningkatan kapasitas pendidikan serta kerja sama dalam bidang pendidikan di Timor Leste, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Timor Leste bekerja sama dengan Pemerintahan Negara Timor Leste menyelenggarakan Indonesia Education Fair 2018 yang di selenggarakan di Gedung Pusat Budaya Indonesia di Dili, Timor Leste. Kegiatan yang berlangsung pada 25 Juli 2018 dan ditutup pada 28 Juli 2018 dengan menyajikan bentuk kegiatan seperti Pameran Pendidikan, Seminar, Festival Budaya dari Indonesia.

Sejumlah Perguruan Tinggi yang terdiri dari 17 Universitas dari Indonesia termasuk Universitas Terbuka dan 9 Universitas dari Timor Leste unjuk gigi untuk menampilkan informasi tentang layanan pendidikan di perguruan tinggi masing-maing kepada para calon mahasiswa dari wilayah Negara Timor Leste. Kehadiran UT di Timor Leste, merupakan tantangan sekaligus jawaban bahwa UT hadir hingga Luar Negeri. Dengan sistem pembelajaran jarak jauh dengan didukung fasilitas yang baik, UT sangat di terima dengan baik bagi masyarakat yang berada di Timor Leste. Antusiasme tinggi diperlihatkan para peserta pada saat mengunjungi Booth UT, pertanyaan hingga kebutuhan studi dilontarkan demi mendapatkan informasi tentang Universitas Terbuka.

UT juga berkesempatan berbicara kepada masyarakat Indonesia yang berada di Timor Leste dan masyarakat Timor Leste dalam Dialog Profil Pendidikan. Melalui Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri UT, Dewi A. Padmo, Ph.D, beliau menyampaikan informasi tentang UT, Ia menjelaskan bahwa UT memiliki kelebihan dibanding perguruan tinggi lainnya dengan sistem pendidikan tinggi jarak jauhnya. Serta menurutnya, kehadiran UT yang memiliki layanan luar negeri dapat memfasilitasi masyarakat yang berada di luar negeri untuk menikmati pendidikan.

Kegiatan Indonesia Education Fair 2018 ini resmi dibuka oleh Duta Besar RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus, beliau dalam sambutan pembukaan mengucapkan terima kasih kepada para universitas dan para lembaga lainnya yang telah jauh-jauh datang ke Dili, Timor Leste demi informasi pendidikan. Menurutnya kegiatan ini merupakan angin segar bagi perguruan tinggi dari Indonesia karena pendidikan di Indonesia masih menjadi pilihan terbaik baik masyarakat Timor Leste dan diharapkan dengan adanya kegiatan education fair ini menurutnya dapat membuka wawasan bagi pengunjung pameran untuk mendapatkan akses informasi pendidikan, serta yang paling utama adalah menjaga hubungan baik antar kedua Negara. Selama kegiatan berlangsung, acara berjalan cukup menarik dengan dihibur para musisi serta pertunjukan budaya antar kedua Negara.