Rakernas 2017 untuk Meningkatkan Akuntabilitas UT

“Usaha dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah perencanaan”, seperti halnya kutipan John F. Kennedy tersebut, sebuah institusi tak akan dapat berkembang tanpa target dan tujuan, serta merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya. Dalam upaya untuk melaksanakan strategi tersebut, Universitas Terbuka (UT) secara rutin menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) UT tiap tahunnya. Tahun ini, Rakernas UT tahun 2017 diadakan pada tanggal 13 hingga 17 Maret bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Rakernas UT tahun ini Drs. Djimo Suprobo, Rakernas yang bertemakan “Peningkatan Akuntabilitas Program Layanan UT” ini dihadiri peserta dari 40 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT, yang diwakilkan oleh Kepala UPBJJ-UT beserta jajarannya. Seluruh pejabat dari lingkungan UT kantor pusat terkait juga turut serta menjadi peserta dalam Rakernas ini.

20170313 Rakernas UT

Dalam kesempatan itu, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. memberikan sambutan dan paparannya setelah secara resmi membuka acara yang berlangsung selama 5 hari tersebut. Rektor UT memaparkan capaian kinerja UT tahun 2016 yang secara keseluruhan telah memenuhi bahkan melebihi target. Ia menyampaikan, capaian tersebut adalah berkat kerja keras seluruh karyawan UT selama ini. Ia juga berharap para peserta dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga ketika kembali ke daerah masing-masing, mereka dapat ‘lari sekencang-kencangnya’ tetapi pada koridor dan ‘rel’ yang benar.

Sesuai yang dipaparkan Rektor UT, Rakernas UT ini memang membahas dan memfinalisasi draft perencanaan, program, dan anggaran UT untuk tahun 2018 yang sebelumnya telah dirancang. Rakernas ini diadakan karena kompleksnya hal-hal yang ditangani oleh UT sebagai universitas negeri dengan sistem belajar jarak jauh dan mahasiswa terbanyak di Indonesia. Selain itu, besarnya institusi dan kantor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadi juga menjadi alasan mutlak adanya Rakernas rutin ini.