Manajemen Akademik UT Memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015

Kualitas manajerial Universitas Terbuka (UT) kembali diakui dunia. Pengakuan ini ditandai dengan penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 pada lingkup Manajemen Akademik dari Badan Sertifikasi PT SGS Indonesia kepada UT. Penyerahan sertifikat ini dilakukan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) pada 17 Maret 2017, pada rangkaian acara penutupan Rapat Kerja Nasional UT tahun 2017.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan PT SGS Indonesia Louisse Veronica memberikan selamat atas prestasi yang telah diraih UT. Ia mengatakan, “Perolehan Sertifikasi 9001:2015 ini merupakan wujud komitmen dari UT dan memberikan jaminan terhadap mutu pelayanan yang diberikan”. Ia menjelaskan bahwa Sertifikasi 9001:2015 ini merupakan bentuk pengakuan kepada perusahaan yang telah memenuhi standar internasional pada sistem manajemen mutunya.

Sementara itu, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh karyawan UT atas kerja keras mereka, sehingga prestasi ini dapat diraih. “Ini adalah hasil kerja keras yang luar biasa dari kita semua di bawah koordinasi PR (Pembantu Rektor) 1 dan Pusmintas (Pusat Jaminan Kualitas), dan tidak akan kita peroleh kalau tidak didukung oleh teman-teman, baik di UT pusat maupun di UPBJJ”, tuturnya.

Dengan demikian, perolehan sertifikat ini melengkapi Sertifikat Sistem Manajemen Mutu sebelumnya, yaitu ISO 9001:2008 pada lingkup Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh yang meliputi 37 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT.

Pada tahun-tahun sebelumnya, UT juga telah 3 kali mendapatkan Sertifikat Review Kualitas dalam penyelenggara pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh dari International Council for Open and Distance Education (ICDE). ICDE sendiri adalah organisasi dunia dalam bidang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang beranggotakan ratusan institusi penyelenggara PJJ dari seluruh dunia.

Selain pengakuan-pengakuan internasional tersebut, UT juga memperoleh Sertifikat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program Studi di UT mendapat peringkat A untuk 5 Program Studi dan peringkat B untuk Program Studi lainnya.

Perolehan ini semakin menegaskan bahwa kualitas proses manajemen pembelajaran UT dari desain hingga sistem penyampaian pembelajaran tidak diragukan lagi, karena telah diakui pemerintah dan dunia. Prestasi-prestasi tersebut semakin meyakinkan masyarakat terhadap keberadaan dan mutu UT. Hal ini membuat UT semakin menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, tanpa batasan-batasan yang selama ini dirasakan.