UT Pilihan Menarik di Kalangan Anak Muda

Diawali dengan pelepasan balon pada 2 Mei 2016 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) berlangsung, dan hari ini (5 September 2016) puncak acara telah diselenggarakan, di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe. Acara dibuka dengan pertunjukan tari Saman oleh para siswa sekolah Dharma Karya UT. Dilanjutkan dengan doa, mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah dan perlindungan-Nya hingga UT menginjak usia ke 32 ini.

Didepan tamu undangan, pejabat dan staf UT, Rektor UT, Tian Belawati, dalam pidatonya menyampaikan bahwa empat windu UT telah berjuang sekeras dan secerdas yang dapat dilakukan agar keberadaannya mampu memberikan akses dan harapan yang seluas-luasnya bagi segenap insan Indonesia untuk dapat terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan nilai dirinya dengan menempuh pendidikan tinggi yang disediakan UT. Sejak didirikan pada tahun 1984, penyelenggaraan pendidikan di UT yang menerapkan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) telah memungkinkan semua Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang berdomisili di berbagai belahan Indonesia, maupun di luar negeri mampu mengikuti pendidikan tinggi tanpa terkendala gografis, jarak, waktu, dan bahkan limitasi finansial.

Acara Puncak Dies Natalis UT ke 32

Rektor UT juga menyampaikan bahwa terdapat peningkatan jumlah mahasiswa kelompok usia 19-24 tahun, yang memperlihatkan bahwa keberadaan UT telah menjadi pilihan menarik di kalangan anak muda, termasuk mereka yang baru lulus SLTA/sederajat (fresh graduate). Selama 4 windu UT berdiri tak kurang dari 1,3 juta lulusan telah berhasil dididik UT. Memperhatikan heterogenitas mahasiswa dan masyarakat Indonesia pula, diversifikasi skema dan modus layanan pun terus dikembangkan dan ditingkatkan. Bahan dan media pembelajaran yang disediakan UT pun tidak hanya bahan tercetak, tetapi juga bahar ajar digital.

Disampaikan pula, bahwa pelayanan mahasiswa dan masyarakat pun telah diperkuat dengan keadiran contact center dengan brand Hallo-UT, yang telah beroperasi sejak 2015. Keberadaan Hallo-UT diharapkan semakin memudahkan mahasiswa dan masyarakat untuk mengakses informasi dan layanan UT dari berbagai wilayah dengan memanfaatkan berbagai modus.

Sebagai gambaran dan bahan refleksi perkembangan akademik dan layanan dukungan, perkembangan mahasiswa UT dari tahun 1984 hingga 2016, Rektor UT meluncurkan sebuah buku yang berjudul “4 Windu UT Membangun Negeriku” yang terdiri dari 170 halaman yang terbagi menjadi 4 bab. Selain itu, Ibu Tian juga meluncurkan dua media pembelajaran baru berbasis internet yaitu UT TV dan UT Radio.

Pada Dies Natalis UT ke-32 ini bertambah istimewa dengan kembali diterimanya sertifikat kualitas dari International Council for Open and Distance Education (ICDE) yang berpusat di Oslo, Norwegia. Sertifikat kualitas yang ketiga kalinya tersebut, diserahkan langsung oleh perwakilan ICDE, Prof. Belinda Tynan kepada Rektor UT.

Belinda Tynan dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian kualitas yang dilakukan oleh ICDE berfokus pada peningkatan kualitas layanan bantuan belajar bagi mahasiswa, yang merupakan bagian utama dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh. Belinda mengucapkan selamat kepada UT, yang menjadi catatan penting dalam keikutsertaan membangun negeri selama lebih dari 30 tahun.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, melalui oleh Staf Ahli Bidang Akademik, Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls. menyampaikan bahwa keunikan UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh di Indonesia telah memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang terampil dan terdidik. Potensi UT sangatlah besar, sehingga kehadiran UT sangat diharapkan berkontribusi lebih luas dalam menggerakkan pembangunan ekonomi Indonesia.

Dalam acara puncak peringatan Dies Natalis UT ini, juga diserahkan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa. Mewakili Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ibu Paulina Pannen menyerahkan beasiswa Bidikmisi didampingi oleh Rektor UT, Ibu Tian Belawati. Selain itu, beberapa beasiswa lainnya juga diserahkan secara simbolis oleh perwakilan mitra UT kepada perwakilan mahasiswa.

Sebagai bentuk penghargaan atas kerjasama yang baik sebagai mitra dalam memberikan akses pendidikan tinggi, pada Dies Natalis ke 32 UT ini mempersembahkan UT Award kepada: Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin, S.H., sebagai mitra terbaik kategori lembaga/Instansi pemerintah tingkat provinsi, Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambertus Jitmau, M.M. sebagai mitra terbaik kategori lembaga/Instansi pemerintah tingkat kabupaten/kota, dan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru Malaysia, Taufiqur Rijal, S.H., sebagai mitra terbaik kategori layanan mahasiswa luar negeri. Kerja keras kantor layanan UT di daerah juga mendapatkan pengakuan, dengan diberikannya Rector Award kepada UPBJJ-UT Bengkulu sebagai UPBJJ-UT terbaik pertama, UPBJJ-UT Palembang sebagai terbaik kedua, dan UPBJJ-UT Makassar terbaik ketiga. Rector Award juga diberikan kepada beberapa staf UT terbaik yang telah menunjukkan semangat kerja tinggi dan inovasi untuk kemajuan UT.

Para Penerima Penghargaan dalam rangka Dies Natalis UT 32

Acara puncak memperingati Dies Natalis UT ke-32 dengan tema 4 Windu UT Membangun Negeriku yang berlangsung dengan lancar dan gembira ini hasil kerja tim dengan koordinasi LPBAUSI UT dan dukungan seluruh pimpinan dan staf UT. Semoga UT ke depan semakin membanggakan dan semakin maksimal dalam berkontribusi terhadap bangsa ini.