Generasi Masa Depan berada di Tangan Anak Muda

Mahasiswa berprestasi adalah mereka yang banyak bekerja keras dan berdaya juang tinggi untuk menggapai keinginan dan cita-cita yang tinggi, genggaman masa depan ada di tangan mereka. Begitu pun kesuksesan negeri ini, akan tetapi tidak semua cita – cita tersebut dapat terealisasikan, seringkali kendala yang membuat berhenti di tengah adalah ekonomi, hal tersebut menjadi lumrah tidak terkecuali Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang tersebar di seluruh penjuru terkadang banyak mengalami kendala tersebut. Namun lewat berbagai program Bidikmisi dan CSR dari Pemerintah dan Mitra Perusahaan, UT menyediakan beasiswa terbatas yang sengaja diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi dan membutuhkan dukungan finansial.

Hampir 24.000 mahasiswa UT memiliki beasiswa, 5.000 lulusan SMA bagi yang kurang mampu dan 19.000 Mahasiswa bagi pegawai pemerintah maupun perusahaan, UT juga melakukan seleksi kepada penerima beasiswa tersebut. UPBJJ-UT Mataram mengadakan pertemuan antara Mahasiswa UT dengan Pembantu Rektor IV UT, Dr. Mohamad Yunus, M.A. dan Kepala UPBJJ-UT Mataram Dra. Ngadi Marsinah M.Pd pada Sabtu, 24 September 2016 di Kantor UPBJJ-UT Mataram yang dihadiri 94 mahasiswa.

pertemuan_mahasiswa_dengan_pimpinanUT

Pertemuan antara mahasiswa UT Mataram dengan Pimpinan UT terealisasi atas Inisiasi Pembantu Rektor IV UT yang sengaja ingin memotivasi para mahasiswa, Selain memberikan motivasi, beliau juga turut mengajak para mahasiswa untuk berdiskusi berbagai persoalan yang ditempuh pada saat kuliah. Beliau pun mengungkapkan di sela – sela sambutannya bahwa Jika ingin memiliki cita- cita tinggi maka harus disertai ilmu dengan kerja keras yang tinggi. “Kalau kalian ingin memperoleh kebahagaiaan didunia harus memiliki ilmu, jika ingin kebahagiaan akhirat maka juga harus memiliki ilmu” ujarnya sambil diikuti para mahasiswa.

Menariknya, mahasiswa yang hadir merupakan mahasiwa yang berusia masih sangat muda, hal ini menjadi kepastian bahwa UT tidak hanya diikuti oleh mahasiswa yang berusia dewasa keatas, namun sudah diisi oleh berbagai kalangan termasuk anak muda dan berprestasi. Termasuk Rina, Mahasiswa semester 7 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi yang berhasil mendapatkan IPK 3,5 ini tergolong berprestasi, meskipun orang tua hanyalah seorang petani namun tidak menyurutkan semangatnya untuk terus selalu belajar mendapatkan hasil maksimal, “Dipagi hari, dan siang hari waktu saya sempatkan untuk keluarga, lalu di malam hari setelah pulang ngaji , saya selalu buka buku atau mengerjakan tugas kuliah“ Ujarnya. Hadir pula Dosen Fakultas Ekonomi Dr. Ali Muktiyanto SE., M.Si yang juga turut memotivasi para mahasiswa UT di Mataram ini.