Kolaborasi Universitas Terbuka Se-ASEAN dalam Riset Pengembangan Institusi dan ASEAN Studies

Sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, sebuah institusi perguruan tinggi mempunyai fungsi untuk mengadakan penelitian dan pengembangan terhadap kajian ilmu pengetahuan. Pada era sekarang, hal tersebut akan sulit terwujud tanpa adanya kerjasama antar institusi dalam berbagi informasi dan kajian ilmu pengetahuan, seperti halnya kegiatan yang diadakan tanggal 29 Januari hingga 1 Februari 2016 di Hotel JW Marriott, Surabaya. Kegiatan ini merupakan pertemuan jaringan 5 perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) negara-negara ASEAN yang dikenal dengan nama Open Universities 5 (OU5).

Kelima institusi perguruan tinggi anggota OU5 tersebut adalah Universitas Terbuka (UT) yang didapuk menjadi tuan rumah pada pertemuan kali ini, Open University Malaysia (OUM), University of the Philippines Open University (UPOU), Sukhothai Thammathirat Open University (STOU), dan Hanoi Open University (HOU). Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan pimpinan dan peneliti dari setiap institusi anggota OU5. Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D., Pembantu Rektor I Dr. Yuni Tri Hewindati, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ir. Kristanti Ambar Puspitasari, M.Ed., Ph.D. menjadi perwakilan dari UT di acara tersebut. Pertemuan tersebut membahas beberapa agenda, diantaranya: hasil penelitian yang telah dilakukan oleh perwakilan dari kelima intitusi anggota OU5 tersebut, dalam hal ini, hasil penelitian Dr. Herman, M.A. dan Dr. Karnedi, M.A. dari Pusat Keilmuan UT menjadi salah satu bahasan; rencana penelitian bersama tahun 2016 oleh kelima institusi yang akan terbagi dalam dua kategori yaitu institutional research dan ASEAN studies; dan rencana penerbitan edisi khusus Asian Journal of Open and Distance Learning (AJODL) pada bulan Agustus mendatang dengan Prof. Dr. Grace Alfonso dari UPOU sebagai special editor tahun 2016.

Selain perwakilan dari institusi anggota OU5, pada pertemuan kali ini, turut hadir pula perwakilan dari Yangon University of Distance Education (YUDE) sebagai pengamat. Dalam forum pertemuan di Surabaya tersebut, YUDE menyatakan niatnya untuk bergabung dengan kelompok OU5. Keinginan YUDE ini telah disambut baik oleh kelima anggota pada sesi akhir pertemuan.