Kunjungan SEAMEO INNOTECH Filipina ke Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) yang sudah diakui baik di dalam negeri dan juga dunia. Hal ini ditunjukkan dengan peran aktif UT dalam organisasi PTJJ tingkat dunia seperti Open Education Consortium (OEC), Asian Association of Open Universities (AAOU) sebagai anggota Executive Board, The International Council for Open and Distance Education (ICDE) yang merupakan organisasi dunia di bidang PTJJ dimana Rektor UT menjadi presidennya, dan akhir-akhir ini UT dipercaya untuk mengelola ICDE Operational Network Asia Pasific yang merupakan kepanjangan tangan dari ICDE untuk tingkat regional.

Sebagai institusi yang senantiasa mengedepankan peningkatan kualitas berkelanjutan melalui Sistem Jaminan Kualitas (SIMINTAS) UT, banyak pihak yang berkecimpung dalam PTJJ melirik UT untuk melihat penerapan terbaik dari pengelolaan PTJJ. Pada 11 November 2015 siang, Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Educational Innovation and Technology (SEAMEO INNOTECH) Filipina melakukan kunjungan kerja ke UT untuk melihat dan berbagi wawasan tentang bagaimana sistem PTJJ itu seharusnya dijalankan. SEAMEO INNOTECH merupakan salah satu dari Pusat SEAMEO yang bergerak dibidang inovasi teknologi pendidikan untuk membantu negara-negara anggota SEAMEO dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Asia Tenggara.

Kunjungan SEAMEO INNOTECH 11-11-15

SEAMEO INNOTECH sendiri mengirim 4 perwakilannya dan disambut oleh Kepala Pusat Jaminan Kualitas (PUSMINTAS) UT Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ir. Kristanti Ambar Puspitasari, M.Ed., Ph.D., serta Koordinator Protokoler dan Urusan Kerjasama Internasional Pusat Hubungan Masyarakat dan Urusan Internasional (PUSHUI) UT Dra. Suci Mardiati Isman, M.A., Ph.D. di gedung PUSMINTAS UT. Dalam pertemuan selama kurang lebih dua jam tersebut, dipaparkan bagaimana sistem penyelenggaraan PTJJ dari kedua belah pihak selama ini dijalankan terutama bagaimana SIMINTAS UT berperan untuk mengawal kualitas pendidikan di UT selama ini. Perwakilan dari SEAMEO INNOTECH pun menceritakan bagaimana pendidikan yang telah diselenggarakan dan kendala-kendala yang dihadapi serta bagaimana mengatasi kendala tersebut.

Kunjungan ini merupakan bagian kecil dari langkah pemerataan pendidikan terutama PTJJ di lingkup negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam SEAMEO. Di Indonesia, SEAMEO memiliki SEAMOLEC yang bertempat di lingkungan kantor pusat Universitas Terbuka di Pondok Cabe. Dari sini, Universitas Terbuka mendukung upaya pemerintah untuk berperan aktif memeratakan pendidikan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kawasan Asia Tenggara mengingat motto UT “Making Higher Education Open to All”.