Rektor UT Membuka The 26th ICDE World Conference di Afrika Selatan

Bertempat di kota resort Sun City, Afrika Selatan, dua kegiatan tingkat dunia dari International Council for Open and Distance Education (ICDE), the 26th ICDE World Conference dan the ICDE Presidents’ Summit, diselenggarakan dari 14 -16 Oktober 2015 dengan mengangkat tema “Growing capacities for sustainable distance e-learning provision”. Acara pembukaan konferensi kelas dunia yang akan menyajikan 384 presentasi akademik dan dihadiri oleh sekitar 900 peserta dari 67 negara ini berlangsung meriah. Tuan rumah konferensi, University of South Africa (UNISA), menyiapkan berbagai penampilan tarian dan musik berciri khas Afrika Selatan untuk mengawali acara pembukaan. Setelah berbagai penampilam budaya tersebut, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, Rektor Universitas Terbuka, selaku Presiden ICDE memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi dua acara tingkat dunia tersebut.

Dalam sambutannya, Tian Belawati selaku Presiden ICDE dan Rektor Universitas terbuka mengajak para tokoh penting dan pakar Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) dari berbagai belahan dunia yang hadir untuk berbagi pengalaman serta membahas isu-isu terkini yang dihadapi oleh organisasi dan institusi penyelenggara PTJJ terutama dalam mencapai tujuan dari Sustainable Development Goals (SDG). Selain itu, beliau juga berharap agar selama konferensi ini para peserta dapat menjalin kemitraan dan melakukan kolaborasi dalam berbagai bidang.

Konferensi tingkat dunia ini merupakan ajang bagi para akademisi dan pelaku pendidikan terbuka dan jarak jauh untuk bisa berkumpul dan bertukar wawasan. Universitas Terbuka sendiri mengirimkan 6 delegasi sebagai perwakilan.