High-Level Policy Forum dan Tantangan PTJJ Global

Menjawab isu-isu global terkait Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ), pada 17 Oktober 2015 lalu, dalam rangkaian the 26th International Council for Open and Distance Education (ICDE) World Conference, diadakan High-Level Policy Forum di Pretoria, Afrika Selatan. Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, Rektor Universitas Terbuka (UT) selaku Presiden ICDE memberikan sambutan pada acara yang dihadiri oleh 130 para pengambil kebijakan dari universitas, institusi, asosiasi, dan jaringan global lainnya dari berbagai belahan dunia.

Tian Belawati memaparkan sejarah bagaimana forum tersebut dapat terealisasikan. Selain itu, beliau merasa prihatin dengan banyaknya orang yang masih diluar jangkauan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, beliau menegaskan bahwa forum tersebut bertujuan untuk menemukan peluang dan tindakan skala regional untuk mengatasi permasalahan terhadap bagaimana pendidikan fleksibel, terbuka, dan online dapat memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas secara merata untuk mendukung pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030. Beliau berharap forum tersebut dapat menemukan solusi kongkrit untuk bisa mengatasi masalah yang selama ini menjadi kendala terciptanya pendidikan yang berkualitas dan merata.

High-Level Policy Forum sendiri merupakan prakarsa dari ICDE bekerja sama dengan UNESCO dan didukung oleh Commonwealth of Learning (COL), Open Education Consortium (OEC), dengan tuan rumah University of South Africa (UNISA). Forum yang bertema “Higher education for the sustainable future we want. The way ahead for online, open and flexible learning: opportunities and actions” ini diharapkan menghasilkan catatan penting bagi pemerintah yang akan dituangkan dalam draft Framework for Action Education 2030.