Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) Tahun 2022

Menindaklanjuti surat edaran Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 0437/J7.1/PN.00/2022 tanggal 18 Agustus 2022 perihal Pengumuman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) Tahun 2022, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.
  2. KBMK mengambil tema "Recover Together Recover Stronger: Peningkatan Dalam Penguatan dan Perluasan Ketahanan Pangan dan Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjutan dalam Mendukung Agenda Prioritas Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 Dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan".
  3. Pelaksanaan rangkaian kegiatan KBMK terdiri dari 5 kategori kompetisi yang mencakup:
    1. Kompetisi Bidang Perencanaan Bisnis
    2. Kompetisi Bidang Riset lnvestasi
    3. Kompetisi Bidang Keuangan Audit Investigatif
    4. Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna
    5. Kompetisi Bidang Penulisan Karya Tulis Jlmiah

      Ketentuan Khusus setiap kategori kompetisi dijelaskan pada Pedoman Kompetisi
      Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan Tahun 2022.

  4. Ketentuan umum yang berlaku untuk seluruh kategori cabang KBMK sebagai berikut.
    1. Peserta adalah mahasiswa program sarjana (S1) yang berstatus aktif pada tanggal babak final diselenggarakan, dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku. KTM ditunjukkan saat daftar ulang di babak final.
    2. Mahasiswa peserta dan dosen pembimbing harus terdaftar di PD-DIKTI. Untuk mahasiswa aktif yang belum terdaftar dalam PD-DIKTI maka melampirkan Surat Keterangaan Mahasiswa Aktif dengan format sesuai Lampiran 4 pada Pedoman KBMK yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan.
    3. Peserta berkelompok terdiri dari 2 ( dua) sampai 3 (tiga) orang mahasiswa, salah satu anggota bertindak sebagai Ketua Kelompok. Kecuali untuk Kategori Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan maksimal 2 (dua) orang mahasiswa.
    4. Setiap individu peserta hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kategori kompetisi.
    5. Setiap kelompok dapat terdiri dari anggota tim dari program studi/jurusan yang berbeda di tingkat sarjana.
    6. Sesuai dengan semangat Kampus Merdeka, kelompok dapat dibentuk dengan anggota yang berasal dari Perguruan Tinggi berbeda. Kelompok yang dimaksud harus melengkapi surat pengantar keterangan resmi dari perguruan tinggi (Lampiran 3) yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan bagi masing-masing anggota kelompok.
    7. Ketua Kelompok harus berasal dari program studi administrasi bisnis, ekonomi pembangunan, ekonomi syariah, manajemen, akuntansi, atau akuntansi keuangan publik.
    8. Setiap UPBJJ-UT maksimal mengirimkan 5 (lima) kelompok mahasiswa untuk seluruh kategori/cabang yang dikompetisikan, termasuk kelompok yang terdiri dari anggota dari Perguruan Tinggi berbeda (kelompok Kampus Merdeka).
    9. Babak final pada tingkat Nasional terdiri dari 2 babak yaitu babak semi final dan babak grand final dan akan dilaksanakan secara daring bagi finalis
    10. Khusus untuk Kategori Bidang Komersialisasi Teknologi dan Bidang Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional maka tidak ada babak semi final. Finalis akan langsung maju dari babak penyisihan ke babak grand final yang waktunya akan ditentukan kemudian oleh panitia Balai Pengembangan Talenta Indonesia.
    11. Selain mengikuti kompetisi, peserta juga diharapkan untuk mengikuti rangkaian acara non kompetisi seperti pagelaran seni-budaya, program seminar, dan sejenisnya yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.
    12. Peserta diwajibkan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, etika dan integritas.
    13. Peserta yang tidak memenuhi syarat (butir a s/d I) dianggap gugur/didiskualifikasi.
    14. Pendaftaran dan keikutsertaan peserta tidak dipungut biaya.
  5. Ketentuan Dosen Pembimbing
    1. Setiap kelompok peserta diwajibkan memiliki satu dosen pembimbing. Dosen pembimbing harus merupakan dosen yang memiliki NIDN/NIDK dan berbasis pada perguruan tinggi yang sama dengan kelompok peserta.
    2. Dosen pembimbing maksimal membimbing pada 2 jenis kategori kompetisi, yang dipilih oleh kelompok peserta (bukan ditunjuk oleh perguruan tinggi).
    3. Dosen pembimbing bertanggungjawab untuk memberikan bimbingan dan arahan pada kelompok peserta pada setiap tingkatan kompetisi.
    4. Dosen pembimbing tidak diperkenankan memberikan analisis pribadinya untuk laporan tertulis dan video/presentasi.
    5. Dosen pembimbing tidak diperbolehkan berkontribusi pada aktvitas riset dan analisis konten baik pada laporan tertulis dan presentasi selain memberikan arahan, saran dan umpan-balik kepada peserta.
  6. Mentor Praktisi Bisnis/lndustri
    1. Setiap kelompok peserta diperbolehkan memiliki satu mentor praktisi bisnis/industri.
    2. Mentor praktisi bisnis/indutri harus melalui persetujuan dosen pembimbing dan/atau perguruan tinggi.
    3. Mentor praktisi bisnis/industri tidak diperkenankan memberikan analisis pribadinya untuk laporan tertulis dan video/presentasi.
    4. Mentor praktisi bisnis/industri tidak diperbolehkan berkontribusi pada aktivitas riset dan analisis konten baik pada laporan tertulis dan presentasi selain memberikan arahan, saran dan umpan-balik ke peserta.
  7. Jadwal seleksi tingkat UT sebagai berikut.
    No  Kegiatan Tanggal
    1 Pendaftaran dan seleksi tingkat UPBJJ-UT Sampai dengan 3 September 2022
    2 Pendaftaran tingkat UT melalui link https://sl.ut.ac.id/KBMK2022 Sampai dengan 5 September 2022
    3 Penilaian di UT Pusat 6- 7 September 2022
    4 Pengumuman tim perwakilan UT pada https://ut.ac.id/ 8 September 2022
    5 Pembimbingan bagi tim terpilih/lolos seleksi oleh dosen pembimbing 9 - 11 September 2022
    6 Pendaftaran peserta perwakilan UT  Paling lambat 12 September 2022
    7 Batas pengiriman makalah dan video babak penyisihan 16 September 2022
    8 Proses seleksi babak penyisihan 20 s.d. 30 September 2022
    9 Penentuan peserta babak final 2 Oktober 2022
    10 Pengumuman keputusan peserta babak final Daftar ulang dan pembagian tugas/kasus babak final 3 Oktober 2022
    11 Batas daftar ulang dan pengumpulan materi semi final 3 Oktober s.d. 3 November 2022
    12 Pelaksanaan babak semifinal dan grand final  6 s.d. 9 November 2022