Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Progam Sarjana Tingkat Universitas Terbuka Tahun 2022

Menindaklanjuti surat edaran Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor: 0748/13/KM.01.00/2022 tanggal 26 Mei 2022 mengenai Pengumuman Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2022, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan salah satu ajang pembentukan karakter mahasiswa dalam melakukan inovasi, berfikir kreatif dan membentuk lulusan yang memiliki daya saing serta peka terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan Pilmapres ini dilaksanakan secara bertahap yaitu seleksi di UPBJJ-UT, seleksi di UT Pusat, seleksi wilayah dan seleksi Nasional.
  2. Peserta Pilmapres harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
    1. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa Program Sarjana maksimal semester VI pada masa registrasi 2022.1.
    2. IPK minimal 3.00 pada masa registrasi 2021.2.
    3. Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2022 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).
    4. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional.
    5. Bagi mahasiswa lolos seleksi tingkat UPBJJ-UT melampirkan Surat Pengantar dari Kepala UPBJJ-UT yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan wakil resmi mahasiswa berprestasi Program Sarjana dari UPBJJ-UT.
    6. Bagi mahasiswa lolos seleksi tingkat UT melampirkan surat pengantar dari Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan wakil resmi mahasiswa berprestasi Program Sarjana dari UT.
    7. Setiap UPBJJ-UT hanya dapat mengirimkan 1 (satu) orang peserta Program Sarjana.
  3. Pendaftaran peserta Tingkat UT sebagai berikut.
    Peserta yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat UPBJJ-UT melakukan pendaftaran secara daring melalui laman https://kemahasiswaan.ut.ac.id dengan mengunggah kelengkapan dokumen sebagai berikut.
    1. Borang pendaftaran peserta yang telah diisi lengkap dengan format berikut ini
      Nama Mahasiswa :  
      NIK/KITAS :  
      Tempat, Tanggal Lahir :  
      NIM :  
      No. HP (Akun Whatsapp Aktif) :  
      Alamat E-Mail :  
      Program Pendidikan (Sarjana) :  
      Program Studi :  
      Semester ke :  
      Raihan IPK Saaat Ini :  
      Pas Foto (Berwarna :  
      Surat Pengantar dari Kepala UPBJJ-UT :  
      Tanda Tangan :  
    2. Di samping mengisi borang pendaftaran di atas, peserta diminta sekaligus mengunggah:
      1. Portofolio Capaian Unggulan (CU) yang dilampiri bukti pendukung. Detail pengisian portofolio CU dapat dilihat dalam Lampiran 1 Pedoman Pilmapres 2022.
      2. Naskah Gagasan Kreatif (GK) untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0. Naskah GK untuk Program Sarjana dapat berupa konsep/strategi. Detail penyusunan naskah GK Program Sarjana dapat dilihat dalam Lampiran 3 Pedoman Pilmapres 2022.
      3. Setiap peserta Pilmapres diwajibkan untuk membuat 1 (satu) video berdurasi 5 menit yang berisi presentasi peserta tentang salah satu isu dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs). Namun, isu tersebut harus berbeda dari isu GK yang sudah ditulisnya. Hal ini untuk menunjukkan bahwa peserta merniliki pemahaman terhadap isu-isu dari SDGs. Video presentasi dalam bahasa lnggris. Ketentuan video presentasi dapat dilihat dalam Lampiran 6 Pedoman Pilmapres 2022. Video presentasi diunggah pada google drive atau one drive (bukan unggah di YouTube) dan video harus bisa diakses oleh publik (tidak private). Link video presentasi di input pada aplikasi https://kemahasiswaan.ut.ac.id.
  4. Jadwal Pilmapres Tingkat UT 2022 sebagai berikut.
    No.  Kegiatan Waktu
    1 Pendaftaran dan seleksi tingkat UPBJJ-UT Sarnpai dengan 20 Juni 2022
    2 Pendaftaran tingkat UT bagi mahasiswa lolos seleksi tingkat UPBJJ-UT melalui laman https://kemahasiswaan.ut.ac.id/ Pendaftaran dilakukan oleh PJ Kemahasiswaan Sampai dengan 24 Juni 2022
    3 Penilaian/seleksi tingkat UT  25-26 Juni 2022
    4 Pengumuman lolos seleksi tingkat UT melalui laman www.ut.ac.id 27 Juni 2022
    5 1 (satu) orang mahasiswa Program Sarjana lolos seleksi tingkat UT melakukan pendaftaran melalui laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id 28-30 Juni 2022
  5. Seleksi Wilayah
    1. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tingkat UT melakukan pendaftaran secara daring melalui laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dengan mengunggah kelengkapan dokumen persyaratan Pilmapres sebagai berikut.
      1. Surat pengantar dari perguruan tinggi yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan bukan tingkat fakultas/prodi/jurusan.
      2. Borang pendaftaran peserta yang telah diisi lengkap sesuai format sebagaimana Tabel 1 Pedoman Pilmapres 2022.
      3. Mengunggah portofolio Capaian Unggulan (CU) yang dilampiri bukti pendukung.
      4. Mengunggah naskah Gagasan Kreatif (GK)
      5. Video presentasi dalam bahasa lnggris
    2. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diundang oleh LLDIKTI Wilayah III untuk mengikuti Seleksi Wilayah.
    3. LLDIKTI diberi kewenangan sepenuhnya untuk menyelenggarakan Seleksi Wilayah dan menentukan sejumlah peserta yang layak diusulkan ke Seleksi Nasional Awal sesuai dengan kuota yang diberikan.
  6. Seleksi Nasional Awal
    1. Seleksi Nasional Awal merupakan tahap seleksi Pilmapres Tingkat Nasional, yang sepenuhnya menjadi kewenangan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Pada tahap ini juri Pilmapres Tingkat Nasional akan melakukan penilaian naskah GK dan verifikasi portofolio CU.
    2. Luaran Seleksi Nasional Awal adalah Daftar Finalis Pilmapres Nasional Program Sarjana. Finalis Pilmapres Tingkat Nasional akan diumumkan melalui laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id
  7. Final Pilmapres Nasional
    Final Pilmapres Nasional merupakan tahap akhir seleksi Pilmapres untuk menentukan para pemenang. Finalis akan diundang untuk mengikuti serangkaian proses pembekalan dan asesmen tatap muka dengan juri Pilmapres Tingkat Nasional. Biaya transportasi (PP) dan akomodasi ditanggung oleh UT.
  8. Informasi lengkap mengenai penyelenggaraan Pilmapres dan sistem penilaian tingkat Nasional dijelaskan pada Pedoman Pilmapres 2022 terlampir.

Lampiran :
Pedoman Pilmapres 2022 Program Sarjana

Ref. B/2705/UN31.WR3/KM.03.03/2022 tanggal 14 Juni 2022