Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala BAKP UT 2020

PENGUMUMAN

NOMOR : 47195/UN31.BKUK.3/KP.03.07/2020

TENTANG

SELEKSI TERBUKAPENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
KEPALA BIRO AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, DAN PERENCANAAN

UNIVERSITAS TERBUKA

TAHUN 2020

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Universitas Terbuka (UT) sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, serta Surat Edaran Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dengan ini kami membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan UT.

I. JABATAN YANG TERSEDIA

Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan, dengan ruang lingkup tugas dan fungsi di bidang:

  1. koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;
  2. pelaksanaan registrasi mahasiswa;
  3. pengolahan statistik akademik;
  4. pengelolaan sarana akademik;
  5. pelaksanaan layanan pembinaan minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
  6. pengelolaan data dan fasilitasi kegiatan alumni;
  7. pelaksanaan penyusunan rencana, program, dan anggaran;
  8. koordinasi dan sinkronisasi perencanaan di lingkungan UT; dan
  9. pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan.

II. PERSYARATAN

1. PERSYARATAN UMUM

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (aktif);
  2. Pangkat minimal Pembina Tingkat I dan golongan ruang IV/b;
  3. Pendidikan minimal Sarjana (S1/DIV);
  4. Usia pelamar setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada tanggal 1 Februari 2021;
  5. Semua unsur Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) sekurang-kurangnya bernilai BAIK dalam dua tahun terakhir;
  6. Mendapat persetujuan dari atasan langsung/Pejabat Pembina Kepegawaian untuk mengikuti rangkaian seleksi;
  7. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang dan/atau tingkat berat, serta tidak sedang dalam proses pemeriksaan karena dugaan pelanggaran pidana atau disiplin berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota Partai Politik;
  9. Sehat jasmani dan rohani serta bebas zat adiktif/narkoba, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah;
  10. Telah menyerahkan LHKPN/LHKASN dan SPT Pajak tahun 2019;
  11. Menandatangani pakta integritas.

2. PERSYARATAN KHUSUS

  1. Sedang atau pernah menduduki Jabatan administrator atau Jabatan Fungsional jenjang ahli madya/lektor kepala paling singkat 2 (dua) tahun;
  2. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun;
  3. Memiliki wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ);
  4. Membuat makalah dengan jumlah kata berkisar antara 1.500 s.d. 2.000 kata diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12pt, spasi 1,5 dan ukuran kertas A4, dengan isi makalah sebagai berikut.
    1. Pernyataan Pribadi (personal statement) yang memuat:
      1. Kekuatan dan kelemahan pribadi;
      2. Jabatan yang pernah diduduki; dan
      3. Prestasi yang pernah diraih;
    2. Program Kerja yang akan dilaksanakan apabila lolos seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan) Universitas Terbuka. 

III. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020 sampai dengan 2 Desember 2020;
  2. Mengajukan surat lamaran dengan tulisan tangan sendiri yang dibuat sesuai dengan format (dapat diunduh pada lampiran di bawah), ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp6.000, dan disertai lampiran yang terdiri atas:
    1. Daftar Riwayat Hidup (CV), dibuat sesuai format yang dapat diunduh di pada lampiran di bawah;
    2. Pas foto terbaru, berwarna, ukuran 4x6 cm sebanyak tiga lembar;
    3. Fotokopi SK CPNS dan SK Pangkat terakhir;
    4. Fotokopi SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
    5. Fotokopi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) dua tahun terakhir, dengan setiap unsur minimal bernilai baik;
    6. Fotokopi Ijazah terakhir danTranskrip Akademik yang telah dilegalisasi;
    7. Fotokopi Sertifikat Diklatpim Tingkat III dan/atau sertifikat-sertifikat diklat lainnya;
    8. Fotokopi KTP;
    9. Fotokopi tanda terima Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan Tahun 2019;
    10. Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit Pemerintah;
    11. Asli Surat Keterangan Bebas Narkoba dan zat aditif lainnya yang dilengkapi dengan hasil pemeriksaan Laboratorium dalam kurun waktu satu bulan terakhir dari Rumah Sakit Pemerintah;
    12. Asli Surat Persetujuan dari atasan langsung untuk mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Universitas Terbuka, dibuat sesuai format yang dapat diunduh pada lampiran di bawah;
    13. Asli Surat Pernyataan yang menyatakan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang atau tingkat berat, serta tidak sedang dalam proses pemeriksaan karena dugaan pelanggaran pidana atau disiplin berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang ditandatangani di atas materai Rp6.000, dibuat sesuai dengan format yang dapat diunduh pada lampiran di bawah;
    14. Asli Surat Pernyataan tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota Partai Politik yang ditandatangani di atas materai Rp6.000, dibuat sesuai format yang dapat diunduh pada lampiran di bawah;
    15. Mengisi Pakta Integritas dan ditandatangani di atas materai Rp6.000, dibuat sesuai dengan format yang dapat diunduh pada lampiran di bawah;
    16. Melampirkan makalah dengan materi sesuai ketentuan dalam pengumuman ini.

 

IV. PENYAMPAIAN DOKUMEN

  1. Seluruh dokumen sebagaimana dimaksud pada angka III nomor 2 a. s.d. p di atas dalam bentuk soft copy dikirim melalui email kabagkepegawaian@ecampus.ut.ac.id paling lambat hari Rabu, 2 Desember 2020;
  2. Seluruh dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 1 (satu) di atas dalam bentuk dokumen cetak (hard copy) dimasukkan dalam 1 (satu) amplop tertutup serta diantar langsung atau dikirim paling lambat hari Rabu, 2 Desember 2020 (cap pos) pukul 15.00 WIB, ditujukan kepada:

Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Universitas Terbuka

u.p. Bagian Hukum, Kerja Sama, Dan Kepegawaian Universitas Terbuka

Gedung Biro Lantai 3, Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang

Tangerang Selatan 15437

Telepon (021) 7490941 ext. 1308, 1310

Apabila berkas lamaran diterima oleh Panitia Seleksi melebihi batas waktu yang telah ditentukan maka tidak akan diproses.

V. JADWAL PELAKSANAAN SELEKSI

NO. KEGIATAN TANGGAL
1 Pengumuman Pendaftaran secara online melalui Website www.ut.ac.id 26 November s.d. 2 Desember 2020
2 Pendaftaran dan Penerimaan berkas Lamaran 26 November s.d. 2 Desember 2020
3 Seleksi Administrasi 26 November s.d. 2 Desember 2020
4 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 3 Desember 2020
5 Seleksi Lanjutan (Assesmen) terdiri dari Penulisan Makalah, Tes Psikologi dan Tes Kompetensi Manajerial  
  Penyerahan Makalah 8 Desember 2020
  Pelaksanaan Tes Psikologi dan Tes Kompetensi Manajerial 8, 10, dan 11 Desember 2020
6 Presentasi Makalah dan Wawancara 17 Desember 2020
7 Laporan Hasil Seleksi kepada Menteri 23 Desember 2020

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu dan setiap perubahan akan diumumkan melalui laman www.ut.ac.id

VI. KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Seluruh rangkaian/tahapan seleksi tidak dipungut biaya;
  2. Seluruh biaya akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh peserta selama pelaksanaan/proses seleksi ditanggung oleh peserta;
  3. Setiap perkembangan informasi pelaksanaan seleksi akan diumumkan melalui laman www.ut.ac.id;
  4. Segala kerugian akibat kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
  5. Berkas administrasi yang tidak memenuhi syarat atau tidak lulus seleksi administrasi tidak dikembalikan dan menjadi arsip/dokumen Panitia Seleksi;
  6. Panitia Seleksi berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan peserta seleksi apabila ternyata peserta seleksi terbukti memberikan keterangan/data yang tidak benar;
  7. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Tangerang Selatan, 25 November 2020

Ketua Panitia Seleksi,

ttd.

Drs. Moh. Muzammil, M.M.
NIP 196109171987031002

*Lampiran Form surat silahkan klik disini