Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia – Kompetisi Muatan Balon Atmosfer 2016

Komurindo-Kombat 2016

Tema KOMURINDO 2016:

  • Tema Divisi Muatan roket: “Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization)”
  • Tema Divisi Roket EDF: “Pengendalian Roket Electric-Ducted-Fan (EDF) dalam mencapai sasaran secara horizontal”

Tema KOMBAT 2016: “Teknologi Muatan Balon Untuk Observasi Atmosfer dan Maritim”

Komurindo adalah kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan. Selain itu, mahasiswa juga belajar membangun roket EDF. Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Kompetisi ini sekaligus meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Kombat adalah kompetisi untuk mengamati atmosfer dari permukaan bumi dengan menggunakan balon sonde atau radiosonde. Balon sonde tersebut akan memberikan informasi mengenai parameter-parameter atmosfer seperti tekanan udara, temperatur, dan kelembaban. Observasi mengenai kondisi atmosfer ini merupakan satu instrumen penting dalam berbagai berbagai penelitian di bidang terkait cuaca dan iklim.

Kompetisi tahunan ini berlangsung sejak 2014. Komurindo-Kombat 2016 diselenggarakan oleh LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL (LAPAN) bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Batas akhir penerimaan proposal tanggal 31 Maret 2016. Ketentuan dan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website komurindo-kombat.lapan.go.id / klik tautan ini atau dapat menghubungi:

Sekretariat Komurindo-Kombat 2016
Biro Kerjasama Hubungan Masyarakat dan Umum
Jl. Pemuda Persil No. 1 Jakarta 1320
Telepon (021) 4892802 Ext: 105, 145, 146 Fax. 4892815
Website : komurindo-kombat.lapan.go.id
Email : komurindo-kombat@lapan.go.id